Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Gambar Tanya Ahli

Dengan Ask The Expert

Konsultasikan masalah seputar nutrisi untuk kesehatan anjing dan kucing kesayangan.

Anak kucing lemas..

Saya ada anak kucing 4 baru lahir tgl 4 april 2021. Salah satu anak kucing terlihat lemas (tidak bertenaga) dan lehernya seperti kaku tegak lurus. Saya coba tengkurapkan ga bisa, dan langsung kepala tegak posisi miring bahkan terlentang. Itu kenapa ya?

Kucing kawin

Halo dok mau nanya. misalnya kucing saya kawin tanggal 30 maret terus pada tanggal 4 april kucingnya mau disteril gkpapa kan dok? 

Pupnya lembek

Halo, saya mau tanya dok. Sekitar 3mgg yll kucing saya lebih tepatnya kitten usia sekitar 3bln sakit. Tapi sekarang sudah aktif lagi. Belakangan ini pupnya lembek, tapi nafsu makan bagus dan aktif main seperti biasa. 

Kemarin hari minggu saya kasih wetfood kebetulan merk proplan, dan pupnya bagus gak lembek. 

Saya curiga dia gak cocok sama dryfoodnya yg sekarang. Kira2 solusinya bagaimana yaa dok? Apakah dari pakannya? Kandungan pakan dryfood yg perlu diperhatikan apa saja yaa dok?

adopsi

malam dok, saya mau tanya

hari ini saya adopsi kucing jantan usia 1th yg sdg birahi, bgtu dtg ke rumah kucing saya yg lain menggeram dan sedikit marah, saya pisahkan supaya tidak bertengkar tapi setelah saya cek ternyata kucing yg baru saya adopsi kabur dok..

saya sedih gimana ya supaya dia pulang?? sudah dicari ga ketemu

Anjing tidak mau makan

Anjing saya baru berumur 2 bln. Baru kemarin saya kasih obat cacing combantrin syr 125mg sebanyak 2 ml. Malamnya dia tidak mau makan dan tidur terus, kelihatan tidak bersemangat. Paginya saya lihat dia muntah cairan kuning. Disebabkan apa ya dok terus bagaimana solusinya? 

Kucing terkena panley

Mohon infonya apabila kucing sudah terkena penyakit panley dan sembuh apakah tetap harus di vaksin ? Terima kasih infonya

Semua kucing saya mengalami gejala aneh

Hi dok, saya punya 4 kucing dan semuanya diare, muntah muntah (awalnya makanan dimuntahkan lama lama menjadi air busa putih), dan tidak nafsu makan. 2 kucing menjadi lemas dan suka menyendiri, 1 kucing menjadi super aktif (tapi kucing yang ini nafsu makannya besar banget dok) dan yang terakhir menjadi pemurung dan suka mengeong. Mereka kenapa ya dok? Apa karena saya kasih minum air mentah? Karna sebelumnya selalu minum air mineral. Atau karena stress pindah rumah? Karna kami baru pindah ke rumah baru dok. Bagaimana caranya untuk mengatasi hal ini ya dok? Saya bingung. Terima kasih sebelumnya dok. 

Bayi kucing

Saya menemukan bayi kucing yang setelah dilahirkan ditinggalkan induknya. Pada hari ke1-3 kucing hanya mengeong seperti menangis, dan saya berikan susu kucing dengan dot khusus bayi kucing, walau susah sekali, di hari ke 4 timbul ambeyen cukup besar dan di hari ke 5 saya bawa ke dokter hewan dan ambeyen dimasukkan ke dalam dan anus dijahit. Di hari ke 4-6 kucing hanya tidur saja dan terlihat lemah, bahkan susu pun tidak mau nyedot. Apa yang harus saya lakukan

Anak kucing tidak aktif dan semakin kurus

Saya mau nanya, kucing saya berusia 1 bulan dan akhir akhir ini tuh semakin kurus dan tidak aktif, sering sekali tidur dan posisi tidurnya selalu seperti tengkurap dan kaki belakangnya diluruskan, selalu ke kamar mandi, ukurannya lebih kecil dari anak kucing seumurannya yang lain, dan tidak mau menyusu pada induknya ,juga selalu menyendiri itu kenapa ya ? Dan kira kira bagaimana cara menyembuhkan tanpa harus ke dokter hewan? Terima kasih

 

Anak kucing tidak aktif

Saya ingin bertanya , saya memiliki anak kucing berumur sebulan dan anak kucing ini tuu lemas dan selalu tiduran semacam tengkurap gitu tapi kaki belakangnya dilurusin ke belakang  , jarang bermain main, sering ke kamar mandi, dan ukurannya lebih kecil dibanding anak kucing lainnya seperti beda rentang lahir padahal sama waktu lahirnya itu kenapa ya? Dan bagaimana cara mengatasi tanpa harus ke dokter hewan?

TANYA SEPUTAR VAKSIN

Hallo dok.. saya mau bertanya kalau kucing sehabis vaksin. apakah harus selalu didalam rumah? dan apakah aman kalau keluar sesekali? Karna kucing saya kadang keluar kalau ga diawasi. terima kasih dok

Kucing Mendengkur

Halo dok, 

saya baru pertama kali adopt kucing usia 3 bulan. dia suka minta dielus-elus dan peluk, tetapi setiap saya pegang atau elus elus kenapa napasnya berbunyi ya dok seperti susah napas. lalu dia juga ada lendir di hidungnya apakah dia pilek dok?

ditambah, dia agak sedikit bau mulut, dia makan dry food dan kadang wet food, seminggu sekali saya kasih ikan tongkol rebus atau ayam rebus. bagaimana cara mengatasinya ya dok? terima kasih

Tolong dibantu

Malam DRH. 

Doggie saya pernah kayak pingsan sampai mengeluarkan pee n pup sendiri (otomatis) 

Sudah dibawa ke dokter dan sudah dikasih obat, terus sekarang sudah ga pingsan lagi, dan sekarang kayak lemas suka melamun tatapan kosong.. Kira-kira itu kenapa ya? 

Kucing gak bisa melahirkan

Halo dok, kucing saya masih kitten umur 5 bulan. pas dibulan ke 3 dia udah diperkosa sama kucing garong. ternyata dia bunting dok. tapi 2 hari lalu di bagian "itu"nya keluar nanah dan darah, cuma tadi siang udah biasa aja gada nanah ataupun darah. nah dari siang tadi juga dia meong2an terus cuma saya gak ngerti kalo ternyata dia mau melahirkan. pas magrib saya panggil dan pas ngedeketin saya, saya baru sadar kalo ada sesuatu yg keluar dari lubang vgnanya. dia seperti bodoh dok ga ngerti cara melahirkan. bayinya kaya gabisa keluar, dia stuck di lubangnya. kucing saya cuma jilat2 aja. saya bingung harus gimana dok :(

tapi kondisinya biasa aja dok, matanya masi segar, dia juga tidak lemas. apakah kitten saya harus dibawa ke vet untuk bantuan melahirkan atau gimana dok? mohon pencerahannya. maaf jika ada kata2 yg kurang baik.

Kitten Jarang mengeong

Halo dokter, belum sebulan ini saya mengadopsi 2 kucing dorm disekitar rumah yg terlantar, usianya kurang lebih 2-3bulan. Kucing 1 sangat aktif dan cenderung bawel mengeong jika lapar dan semacamnya. Namun kucing 1 nya sangat diam dan cenderung tidak mengeluarkan suara dok, saat bermain pun suaranya sangat kecil sekali. Lapar pun diam, saat bernafas nafasnya agak berat, apa ini normal dokter?

Kucing galak

Mau tanya min, kucing saya ada 2 bersaudara, setelah yg betina (Simba) melahirkan 5 anak, yg jantan (Cebul) jadi galak kalau dekat-dekat Simba. Itu kenapa ya? Soalnya pas melahirkan, si Simba aman aja ditemani Cebul dalam kandang, tp setelah 1 hari, si Cebul jadi galak.

 

Gimana solusinya ya??

 

*Simba kawin sama kucing jantan (Ompong) musuh si Cebul

Kucing tidak nafsu makan, lemas, perut buncit

Permisi dok, mau bertanya, jadi saya punya kucing kampung betina sudah beberapa minggu perutnya buncit awalnya mengira hamil karena sebelumnya kucing kawin, beberapa minggu saya diberi kucing persia jantan usia sekitar 3 bulanan, sepertinya dia tidak suka dengan kehadirannya sehingga suka "nggerang". Lalu beberapa hari kemudian saya mandikan kucing betina, malamnya ia masih mau makan dan habis, lalu paginya ia tidak nafsu makan. Sudah 2 hari tidak mau makan,  Pada hari pertama tidak nafsu makan saya lihat di kemaluannya ada cairan putih bening, lalu di hari ketiga jg masih blm mau makan, dan di kemaluannya ada cairan merah seperti darah. Nah kira2 kucing saya kenapa ya dok dan apa yang harus saya lakukan. Mohon bantuannya dok, terima kasih

Kucing lemas, tidak mau makan, perut buncit

Permisi dok, mau bertanya, jadi saya punya kucing kampung betina sudah beberapa minggu perutnya buncit awalnya mengira hamil karena sebelumnya kucing kawin, tapi setelah beberapa minggu setelahnya saya diberi orang kucing jenis persia jantan usia sekitar 3 bulanan, kucing betina saya seperti tidak suka dengan kehadirannya sehingga suka "nggereng". Lalu saya mandikan kucing betina saya, malamnya masih mau makan dan habis, nah paginya ia tidak nafsu makan, sudah 2 hari ia tidak makan, ia hanya minum beberapa kali dan sangat banyak, hari pertama ia tidak nafsu makan saya lihat dikemaluannya ada cairan putih bening, lalu hari ketiga pagi keluar cairan darah. Kira2 kucing saya kenapa ya dok, mohon bantuannya. 

Kucing saya jarang pipis dan tidak bab

Dok mau tanya, 2 hari yg lalu kucing saya melahirkan tapi pipis hanya kemarin saja dan blm pup sampai skrg. Itu bahaya ga dok? Dan ada bercak darah keluar dari pantatnya

Pro Plan Derma Plus dry food bisa untuk kitten umur 6 bulan?

Dok, 

Apakah Pro Plan Derma Plus yang dry food boleh utk kitten saya umur 6bulan? Tampaknya bulunya agak sedikit rontok, jd sblm parah dan membuat hairball, saya mau beri makan pro plan derma plus... Bolehkah utk kucing 6 bulan? Terimakasih