Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Gambar Tanya Ahli

Dengan Ask The Expert

Konsultasikan masalah seputar nutrisi untuk kesehatan anjing dan kucing kesayangan.

Mulut kucing mengeluarkan busa

Halo dok, beberapa waktu lalu kucing saya sakit dan sudah saya bawa ke vet. Ketika itu, kucing saya disuntik 2x dan diberi obat cacing. Setelah minum obat cacing kucing saya mengalami hipersalivasi. 

Dua hari setelah saya bawa ke vet, keadaan kucing saya sudah membaik dan nafsu makannya bagus. Namun pada saat itu kucing saya memakan rumput, lalu mulutnya mengeluarkan busa, tetapi keluar busanya tidak sering dok, hanya ketika pagi dan sore. Kenapa itu dok? Apa karena memakan rumput? Soalnya kucing saya setelah makan rumput tidak pernah seperti itu dok.
Terimakasih

Dijawab Oleh: Dr Kira

Hi PetLover,

Hipersalivasi pada kucing bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah stress. Pemberian obat cacing oral, untuk beberapa kucing dapat menyebabkan stress sehingga dapat terjadi hipersalivasi.

 

Kucing makan rumput bisa dikategorikan normal, tetapi bukan berarti kita biarkan saja. Karena jika kucing sudah mulai menunjukkan perilaku memakan rumput, itu merupakan pertanda bahwa asupan seratnya tidak tercukupi. 

Untuk memenuhi asupan serat, kamu bisa berikan Pro Plan cat yang mengandung serat yang dibutuhkan oleh kucingmu sehingga kejadian kucingmu makan rumput bisa kita hindari. Selain itu, memakan rumput juga bisa berbahaya bagi kucingmu, misalnya resiko kucingmu terkena cacingan jadi lebih besar atau bisa juga kucingmu keracuanan akibat pestisida ataupun pupuk yang terdapat pada rumput.