Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Gambar Tanya Ahli

Dengan Ask The Expert

Konsultasikan masalah seputar nutrisi untuk kesehatan anjing dan kucing kesayangan.

Tidak nafsu makan

Halo Dokter, saya mau tanya. Kucing saya tiba-tiba nafsu makannya hilang. Biasanya dikasih wet food mau, tapi ini sama sekali nggak mau dan malah menggaruk-garuk lantai. Dagunya juga hitam dan kelihatan kotor. Kira-kira kenapa ya Dok?

Terima kasih

Dijawab Oleh: drh. Icha

Hi PetLovers!

Nafsu makan menurun merupakan gejala umum yang terlihat dan dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari adanya infeksi, pengaruh hormonal, ataupun stress.

Adanya infeksi biasanya ditandai dengan adanya gejala demam dan nafsu makan menurun, serta gejala lainnya. Hal ini perlu dipastikan melalui pemeriksaan oleh dokter hewan untuk mengetahui infeksi apa yang terjadi dan terapi apa yang sebaiknya diberikan.

Pengaruh hormonal juga ditandai dengan adanya gejala nafsu makan menurun, misalnya saat kucing birahi. Kucing yang birahi akan fokus mencari pasangan untuk kawin sehingga tidak tertarik makan.

Stress yang disebebkan oleh berbagai faktor juga dapat menyebabkan kucing tidak nafsu makan. Kondisikan tempat tinggal kucingmu senyaman mungkin untuk mengurangi resiko ini ya.