Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

4 Ciri Anjing Obesitas dan Cara Mencegahnya

Menjaga kesehatan anjing kesayangan tentu menjadi salah satu prioritas PetLovers. Dengan kondisi badan yang sehat dan berat badan normal sesuai jenisnya, PetLovers bisa menghindari berbagai risiko kesehatan bagi anjing. Nah, salah satu ciri anjing yang tergolong sehat adalah tidak mengalami obesitas. Untuk memastikan anjing kesayangan PetLovers memiliki ciri anjing obesitas atau tidak, PetLovers bisa bertanya kepada dokter hewan atau berkonsultasi melalui fitur Tanya Ahli di situs Pro Plan di sini, karena setiap jenis anjing memiliki berat ideal yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana ciri dan cara mencegahnya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Ketahui Cirinya

Ciri anjing obesitas yang dapat dilihat atau dirasakan PetLovers dari tubuhnya adalah sebagai berikut:
 

Ciri anjing obesitas
  1. Pada tulang rusuk anjing terlihat adanya lapisan lemak berlebih. Pada pinggang anjing juga terdapat timbunan lemak yang menumpuk di pangkal ekornya. Akibatnya, pinggang anjing hampir tidak terlihat. PetLovers pun akan kesulitan untuk meraba tulang rusuk anjing kesayangan karena terhalang lapisan lemak.
  2. Perut anjing yang mengalami obesitas terlihat besar dan sedikit menggantung. Bahkan, lipatan perut juga tidak terlihat.
  3. Ciri anjing obesitas lainnya adalah memiliki timbunan lemak yang sangat banyak di area dada, tulang belakang, dan pangkal ekor anjing.
  4. Terdapat timbunan lemak di area sekitar leher. Meskipun terlihat menggemaskan, PetLovers harus memahami bahwa kondisi seperti ini merupakan ciri anjing obesitas dan tidak baik bagi kesehatan tubuhnya.

Apa Penyebabnya?

Setelah tahu ciri anjing obesitas, PetLovers juga perlu mengetahui penyebab seekor anjing mengalami obesitas. Berikut ini adalah penjelasannya:

- Terlalu Banyak Makan

Frekuensi makan yang terlalu sering atau porsi yang terlalu banyak mungkin saja terjadi bila PetLovers kurang yakin berapa banyak kalori yang dibutuhkan anjing untuk menjaga berat badannya agar tetap sehat dan ideal. 

- Sedikit Aktivitas

Terlalu sedikit aktivitas atau olahraga adalah alasan umum anjing mengalami berat badan berlebih. Perlu PetLovers ketahui bahwa jumlah olahraga yang dibutuhkan anjing untuk berkembang bergantung pada ras, usia, dan ukurannya. Tetapi setidaknya, ajak anjing kesayangan PetLovers untuk berolahraga atau melakukan aktivitas selama 20-60 menit setiap harinya.

- Menderita Penyakit Kronis

Kondisi penyakit kronis seperti Cushing Syndrome (hyperadrenocortisism) dan atau hipotiroidsm adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan obesitas pada anjing PetLovers. Oleh karena itu, rutin pengecekan kesehatan pada dokter hewan sangat disarankan untuk mencegah munculnya penyakit yang merugikan anjing kesayanganmu.

Yuk, Cegah dengan Cara Ini!

Setelah mengetahui ciri anjing obesitas dan penyebabnya, PetLovers tentu perlu tahu cara mencegahnya. Cara yang tepat untuk mencegah supaya anjing kesayangan PetLovers tidak mengalami obesitas adalah dengan melakukan kebiasaan hidup sehat. Ajak anjing melakukan olahraga secara rutin, berjalan-jalan santai dan cobalah untuk mengatur pola makan anjing kesayangan PetLovers. Untuk menjaga berat badan ideal pada anjing kesayangan PetLovers, berikan juga asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Misalnya, Pro Plan Essential Health.

Pro Plan Essential Health

Pro Plan Essential Health merupakan asupan yang lengkap dan seimbang, serta secara spesifik disesuaikan dengan ukuran anjing yang berbeda-beda agar pertumbuhannya optimal namun tetap terhindar dari kondisi obesitas. Oleh karena itu, Pro Plan Essential Health tersedia dalam varian small & mini (berat badan di bawah 10 kg), medium (berat badan 10-25 kg), dan large (berat badan di atas 25 kg).  PetLovers bisa memilih varian yang sesuai dengan ukuran anjing kesayangan dan mengikuti rekomendasi porsi pemberian makan yang disarankan.

Nah, semoga penjelasan di atas mampu membantu PetLovers untuk menjaga berat badan ideal anjing kesayangan, ya. Meski demikian, apabila anjing PetLovers sudah terlanjur memperlihatkan ciri anjing obesitas, PetLovers bisa segera menemui dokter hewan dan mintalah saran yang tepat untuk mengatasi obesitas pada anjing kesayangan. Jangan lupa untuk menjalankan saran dokter hewan dengan baik, agar obesitas pada anjing kesayangan dapat teratasi dengan baik.