Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

4 Tips Memilih Makanan Anjing untuk Si Picky Eater

 Supaya anjingmu tumbuh sehat, ia tentu perlu makan secara teratur dengan porsi sesuai ukuran badannya. Misalnya, jika anjingmu adalah anjing berukuran kecil atau mini, tentu makanan anjing yang dipilih memang diperuntukkan bagi anjing berukuran tersebut. Lalu, bagaimana jika anjingmu termasuk tipe pemilih makanan atau picky eater? Supaya kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi, ketahui penyebab anjing pilih-pilih makanan dan hal yang bisa PetLovers lakukan untuk mengatasinya.

Penyebab Anjing Pilih-pilih Makanan

Anjing yang pilih-pilih makanan bisa jadi sedang mengalami gangguan kesehatan sehingga nafsu makannya pun hilang. Namun, selain karena adanya penyakit, ternyata ada penyebab lain sehingga anjing pilih-pilih makanan, yaitu:

  • Faktor ras. Anjing ras kecil seperti Toy Poodle, Shih Tzu, Pug, Pomeranian, dan anjing mini lainnya cenderung pemilih dan memiliki nafsu makan yang tidak stabil.
  • Faktor kebiasaan. Anjing yang rewel saat memilih makanan bisa juga terjadi karena PetLovers memanjakannya. Jangan lupa, anjing adalah hewan yang cerdas, dan mereka tahu kalau pemiliknya akan khawatir atau memberikan perhatian ekstra saat ia sulit makan. Oleh karena itu, kebiasaan ini sebaiknya tidak dibiarkan. Bila dibiasakan, anjingmu akan cenderung menjadi anjing yang manja. 

Tips Memberikan Makanan untuk Anjing Picky Eater

Setelah mengetahui penyebab umum anjing pilih-pilih makanan, saatnya PetLovers mengetahui cara memberikan makanan untuk anjingmu yang picky eater. Jenis makanan anjing yang diberikan tentu perlu disesuaikan dengan usia, kondisi, serta ukuran anjing. Misalnya, makanan anjing dewasa berukuran mini tentu berbeda dengan makanan anak anjing maupun makanan anjing berukuran medium. Oleh karena itu, inilah beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Tetap Konsisten pada Jadwal Makan yang Dibuat

Cobalah untuk membuat jadwal makan dan berikan anjingmu makanan sesuai waktu yang telah ditentukan. Bagaimanapun, anjing tidak akan menahan lapar terlalu lama. Ia tetap akan makan apa yang PetLovers berikan begitu ia memahami bahwa ketika waktu makannya berakhir, ia tidak akan mendapatkan makanan lagi. Selain itu, untuk memastikan porsinya tetap sama, PetLovers bisa menggunakan gelas takar. Ingat, konsistensi adalah kunci bagi anjing agar dapat belajar mematuhi jadwal makan tersebut.

2. Perhatikan Lokasi Pemberian Makan

Hindari memberikan makanan anjing di meja makan yang biasa kamu gunakan bersama keluarga. Anjingmu bisa tergoda untuk memilih apa yang ada di meja makan daripada makanan anjing yang seharusnya ia lahap. Hal ini sekaligus juga untuk menghindari anjing punya kebiasaan meminta makanan yang tidak baik untuk kesehatannya.

Lokasi pemberian makanan anjing yang direkomendasikan adalah di tempat datar, seperti di lantai, dengan menggunakan mangkuk makanan. Jadi, makanannya tidak disebar langsung di atas lantai, ya.

3. Hindari Memberikan Makanan Manusia yang Sedang Dikonsumsi

Pisahkan makanan anjing dengan menu yang PetLovers konsumsi bersama keluarga. Jika dibiasakan tak dipisah, anjing bisa berpikiran bahwa makanan yang dikonsumsi PetLovers juga bisa ia makan. Selain membentuk kebiasaan yang buruk, memberikan makanan yang sedang PetLovers konsumsi juga bisa memicu keracunan atau gangguan kesehatan lainnya pada anjing. Oleh karena itu, biasakan untuk tidak memberikan makanan yang sedang disantap untuk dicicipi anjingmu, ya.

4. Berikan Makanan Anjing yang Kaya Nutrisi dan Menggugah Selera

Agar anjing terhindar dari kebiasaan pilih-pilih makanan, usahakan untuk memberikannya makanan yang menggugah selera, mulai dari rasa maupun teksturnya. Jangan lupa, makanan anjing tersebut juga harus mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan anjing kesayanganmu.Contohnya, Pro Plan Fussy & Beauty.

Pro Plan Fussy & Beauty

Pro Plan Fussy & Beauty merupakan makanan yang lengkap dan seimbang untuk anjing dewasa berukuran mini yang pemilih dan sulit makan. Pro Plan Fussy & Beauty kaya akan protein dan lemak sehingga dapat menjaga massa otot pada anjing yang picky eater. Selain itu, tingginya kandungan protein dan lemak ini memberikan cita rasa yang disukai anjing. Pro Plan Fussy & Beauty juga memiliki bentuk kibble yang beragam sehingga memberikan tekstur yang berbeda dan menggugah selera anjing untuk makan. Pro Plan Fussy & Beauty juga diformulasikan khusus dengan kandungan mineral dan asam amino yang tinggi untuk membantu meningkatkan pigmentasi rambut secara alami dan membuat rambut anjing menjadi berkilau. Kamu bisa mendapatkan Pro Plan Fussy & Beauty di official store Pro Plan di Lazada, Shopee, dan  Tokopedia

Perlukah Khawatir Saat Anjing Menjadi Picky Eater?

Perlu diketahui bahwa anjing tidak akan berlama-lama menjadi picky eater, karena tentu saja ia merasa lapar dan ingin makan. Apalagi, bila PetLovers mencoba tips di atas. Namun, jika anjing kesayangan PetLovers tidak makan secara teratur dan enggan melahap makanannya setidaknya sekali dalam sehari hingga tubuhnya kurus, rambutnya tidak berkilau, serta diikuti gejala seperti lemas dan demam, PetLovers sebaiknya segera membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa. Kondisi sulit makan tersebut bisa jadi pertanda ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh anjing kesayangan PetLovers. Kamu juga bisa berkonsultasi mengenai nutrisi untuk anjingmu melalui fitur Tanya Ahli di sini.

Dengan asupan makanan anjing yang tepat dan tips di atas, tentunya anjing kesayangan PetLovers akan terhindar dari kebiasaan pilih-pilih makanan. Kuncinya, PetLovers tidak boleh menyerah, tetap konsisten, dan hindari memanjakan anjing agar ia juga tidak memiliki kebiasaan yang kurang baik. Semoga tipsnya membantu!