Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Bincang Seru Bersama Yudi Mahardika, Breeder dari Bali

PRO PLAN mendapat kesempatan untuk berbincang dengan seorang breeder bernama Yudi Mahardika, seorang breeder anjing yang tinggal di Bali. Yudi sendiri berprofesi sebagai dokter umum yang mempunyai hobi memelihara anjing. Berawal dari breeding anjing berjenis Siberian Husky dari tahun 2010, kini Yudi juga breeding Golden Retriever, Beagle dan Corgi.

Tanpa membuang waktu, PRO PLAN langsung bertanya seputar kesehatan dan perawatan anjing. Pertama-tama, Yudi menjelaskan mengenai bulu anjing yang sering rontok “Memang ada fase di mana bulunya rontok dengan sendirinya, apa lagi ketika berusia 6 bulan,” paparnya. Ia juga menegaskan, bulu yang bagus dan badan yang sehat dimulai dari makanannya. Jadi, pastikan hewan kesayanganmu mendapat makanan yang baik ya PetLovers.

Selain itu, Yudi juga memberi tips bagaimana memberi makan anjing yang tepat. Seperti yang PRO PLAN ulas, memberi makan puppy butuh frekuensi yang lebih banyak dari anjing dewasa. Namun, bagaimana cara agar puppy yang beranjak dewasa beradaptasi dengan porsi makan yang berbeda dari yang ia dapat dulu?

Yudi menjelaskan memang tidak mudah untuk mengubah frekuensi makan dari 3 kali jadi 2 kali sehari. Namun, ia biasa mengurangi porsi terlebih dahulu dari 200 gram menjadi 150 gram. Jika puppy sudah biasa dengan jadwal tersebut, barulah mulai mengurangi frekuensi makannya.

“Ketika masih menjadi puppy, saya biasa memberi makan 3 kali sehari. Tapi sebelum itu, saya mengajaknya main keluar. Setelah main, saya memberinya minum lalu makan di kandang. Dengan begitu, puppy akan terbiasa dengan aktivitas yang diberikan,” ucapnya. “Beri makan puppy sesuai takaran yang ada di kemasan makanannya. Dengan begitu, ia akan mendapat nutrisi cukup,” tambah Yudi.

Nah, mulai sekarang yuk perhatikan jenis dan porsi makan hewan kesayanganmu. Porsi makan yang kurang atau berlebih juga tidak baik, PetLovers. Pastikan juga kamu dapat melatih hewan kesayanganmu dengan tegas dari ia kecil agar ia dapat beraktivitas secara teratur.