Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Bolehkah Mengajak Anjing Berenang?

Pada dasarnya, anjing merupakan hewan dengan bakat berenang yang natural, tetapi kamu harus perhatikan apakah breed anjingmu termasuk anjing yang cepat beradaptasi di dalam air? Anjing berukuran besar seperti Golden Retriever, Pitbull, dan sejenisnya yang mempunyai kaki panjang akan dengan mudah beradaptasi sehingga kamu tidak terlalu sulit mengarahkannya. Sedangkan anjing dengan breed kecil dan mempunyai kaki pendek seperti Bulldog dan sejenisnya butuh perhatian yang lebih.

  • Sebelum Berenang

Sebelum berenang, kamu harus pastikan bahwa anjingmu dalam keadaan sehat. Ini harus diperhatikan agar menghindarinya dari hipotermia, PetLovers. Ketika sudah berada di kolam renang atau di pantai, jangan langsung mengajaknya berenang agar ia tidak kaget. Biarkan ia terbiasa dahulu dengan keadaan disekelilingnya, dengan mencium bau air, udara, serta melihat-lihat yang ada di sana. Setelah itu, kamu bisa pelan-pelan mengajaknya mendekati air, memasukkan kakinya, lalu mulai berenang.

Kamu juga harus memotong kukunya terlebih dahulu. Hal ini penting agar ia tidak mencakar kamu atau orang disekelilingnya, ini untuk menghindari adanya luka dan infeksi karena cakaran.  Jadi, jangan lewatkan ini ya, PetLovers.

  • Saat Berenang

Sebagian anjing sangat suka berenang, tapi tidak semuanya dapat langsung beradaptasi. Ketika kamu mengajaknya masuk ke dalam air, kamu bisa menggendong atau memegangnya terlebih dahulu untuk memastikan ia aman sebelum benar-benar berenang. Setelah ia mulai terbiasa di dalam air, kamu bisa mulai mengajaknya untuk berenang lebih jauh, tapi tetap waspada agar ia tidak kedinginan atau kepanasan karena dapat berakibat buruk untuk kesehatannya.

Sekarang, kamu bisa mengajak anjingmu berenang bersama. Jika kamu belum pernah mengajaknya berenang, ada baiknya kamu membeli safety vest khusus untuknya agar tetap aman dan terjaga. Mencoba hal baru akan menjadi sesuatu yang istimewa untuk kamu dan anjingmu. Jangan lupa untuk selalu mengawasi anjingmu ketika berenang agar kalian tetap bersemangat. Setuju, PetLovers?