Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Ketahui Usia Kehamilan Anjing Berdasarkan Tanda-tanda Berikut Ini

Merawat anjing bunting untuk pertama kalinya mungkin akan menjadi pengalaman baru untuk PetLovers. Oleh sebab itu, PetLovers perlu memperhatikan apa saja perubahan yang umumnya terjadi di periode kebuntingan tertentu, sesuai dengan usia kehamilan anjing.

Periode Anjing Bunting

Anjing bunting selama kurang lebih 62-64 hari atau sekitar dua bulan. Meski demikian, masa bunting anjing bisa bervariasi tergantung ras dan ukuran anak anjing dalam kandungan.

Masa anjing bunting perlu PetLovers ketahui untuk memastikan nutrisi dan perawatan kesehatan anjing dan anak anjing yang akan lahir nantinya dilakukan secara maksimal.

Ciri Anjing yang Bunting

PetLovers perlu mengetahui anjing kesayanganmu tengah berada pada periode yang mana dari usia kehamilan anjing. Dengan demikian, PetLovers bisa lebih maksimal dalam merawat anjing yang bunting. Berikut ini adalah rincian periodenya.

1. Periode Pertama (hari 1-21)

Pada periode awal ini, biasanya perubahan fisik pada anjing yang sedang bunting tidak terlalu terlihat. Tapi seiring dengan bertambahnya usia kebuntingan, perut sang induk akan semakin membesar. Jika PetLovers mengetahui kapan anjing tersebut kawin, sekitar 2-3 minggu setelahnya PetLovers bisa memeriksakan anjing ke dokter hewan untuk mengetahui apakah bunting atau tidak.

2. Periode Kedua (hari 22-42)

Di periode kedua ini nafsu makan anjing yang bunting akan meningkat dan puting susu akan terlihat agak membesar. Beberapa anjing mungkin akan mengalami fase morning sickness akibat perubahan hormonnya, sehingga tingkat aktivitasnya mulai menurun. Pada hari ke 22-35 (kira-kira usia kehamilan anjing 4 minggu), di dalam perut anjing mulai terbentuk kantung berisi cairan, sehingga perut anjing juga akan semakin membesar. Biasanya, di periode ini dokter hewan akan merekomendasikan pemeriksaan USG untuk mengecek detak jantung janin.

3. Periode Ketiga (hari 43-63)

Pada periode ini, biasanya dokter hewan akan melakukan pemeriksaan X-ray, tepatnya ada hari ke-55 untuk mengetahui jumlah anak anjing yang akan dilahirkan.

Selama beberapa hari terakhir dari usia kehamilan anjing, akan mulai timbul kondisi anjing kehilangan nafsu makan, yang biasanya terjadi pada hari ke-61 atau 62. Menjelang persalinan, anjing akan menunjukkan perilaku gelisah seperti mondar-mandir, nafas terengah-engah, atau mulai berkeliling mencari tempat yang menurutnya nyaman. Selain itu, suhu tubuhnya pun akan menurun saat 24 jam sebelum  persalinan.

Untuk mendukung pertumbuhan janin anak anjing, PetLovers juga harus memastikan asupan nutrisi anjingmu terpenuhi selama usia kehamilan anjing berlangsung. Nutrisi yang tidak terpenuhi secara optimal selama anjing bunting bisa membahayakan kondisi janin. Saat berat badan anjing meningkat pada minggu-minggu akhir usia kehamilan anjing, dokter hewan biasanya akan merekomendasikan untuk meningkatkan asupan nutrisi secara bertahap, sampai anjing mengonsumsi 35-50 persen lebih banyak dari biasanya. Tingkatkan porsi nutrisinya secara perlahan dan beri makan anjing dengan porsi kecil namun sering. Sebagai rekomendasi, PetLovers bisa memberikan Pro Plan All Age Performance untuk anjing bunting kesayanganmu.

Pro Plan All Ages Performance

Pro Plan All Ages Performance merupakan asupan yang lengkap dan seimbang untuk anjing yang sedang bunting dan menyusui karena kandungan protein dan lemaknya yang cukup tinggi. Kombinasi protein 30% dan lemak 21% di dalamnya juga membantu memenuhi nutrisi anjing saat bunting. Pro Plan All Ages Performance bisa PetLovers dapatkan di official shop Kamu bisa mendapatkan makanan anjing Pro Plan All Ages Performance dengan mudah melalui official store Pro Plan di Lazada.

Merawat anjing bunting perlu perhatian khusus. Oleh sebab itu, selama usia kehamilan anjing berlangsung, PetLovers juga harus proaktif mencari tahu perawatan dan nutrisi terbaik yang sebaiknya diberikan. Sebagai media konsultasi nutrisi, PetLovers bisa menggunakan fitur Tanya Ahli di situs Purina.