Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Tips Mengatasi Anjing Yang Muntah

Apakah Anda pernah melihat anjing kesayangan  mendadak muntah? Jangan langsung panik ya, Dog Owners. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah tenang dan berpikir jernih. Pada kebanyakan kasus, anjing muntah disebabkan karena pencernaan mereka yang menolak makanan tertentu. Atau bisa juga karena anjing Anda makan dengan terburu-buru. Muntah juga tidak selalu buruk karena dengan muntah anjing Anda akan merasa lebih nyaman. Bisa saja anjing Anda baru saja menelan sesuatu yang berbahaya.

Tapi, Anda bisa mulai berhati – hati ketika anjing Anda muntah secara berulang – ulang. Kemungkinan besar anjing tersebut mengidap suatu penyakit yang tidak ringan. Apalagi jika usia anjing Anda tergolong tua, cobalah untuk melihat riwayat kesehatan anjing tersebut untuk mencari tahu penyakitnya. Kejadian seperti ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter hewan. Jika anjing Anda mengalami hal ini, terus awasi dan perhatikan anjing Anda dan segera  membawanya ke dokter  jika muntah terus berlanjut. Muntah yang berkelanjutnya bisa membahayakan anjing tersebut. Dia bisa mengalami dehidrasi karena cairan dari tubuhnya secara terus – menerus berkurang.

Ada banyak faktor yang menyebabkan anjing mengalami muntah berkali – kali.
Berikut adalah beberapa faktor utamanya yang perlu diperhatikan:

  1. Infeksi bakteri / virus / uterus
  2. Perubahan pola dan jenis makanan
  3. Parasit pada usus
  4. Radang pankreas / empedu
  5. Mual setelah operasi

Faktor – faktor di atas memerlukan treatment khusus dari dokter hewan. Treatment yang akan diterima anjing Anda di klinik tergantung pada umurnya, riwayat kesehatan, physical examination akan kemungkinan penyakitnya, dan bermacam diagnosa yang berhubungan dengan tekanan darah, hasil radiografi, ultrasound, endoscopy, biopsy, atau bahkan tindakan operasi jika diperlukan.

Terkadang Anda tidak sempat membawanya ke klinik hewan langsung. Jika hal ini terjadi, maka ada baiknya Anda memberikan pertolongan pertama kepada anjing Anda. Hal paling mendasar yang dibutuhkan anjing yang sakit adalah perhatian dari tuannya. Setelah mengalami muntah, buatlah anjing Anda menjadi nyaman dengan cara:

  1. Membelai dan memeluknya.
  2. Hiburlah dengan mengajaknya berbicara.
  3. Berikan tulang / mainan yang dia sukai.
  4. Berikan selimut hangat favoritnya untuk tidur.

Karena muntah itu disebabkan oleh pencernaan yang tidak sehat, sebaiknya berikan makananan hangat yang mudah dicerna. Ada beberapa pilihan masakan yang praktis untuk dibuat, seperti kentang rebus dan ayam yang sudah dikuliti. Dan sebaiknya Anda memberhentikan konsumsi air hingga 4 – 6 jam sejak anjing Anda muntah. Apabila dia kehausan, Anda bisa memberikannya batu es untuk dijilat-jilat.  

Nah, sekarang Anda sudah tahu ya bagaimana cara  menolong  anjing Anda kalau dia muntah. Semoga dia segera sehat kembali  ya Dog Owners

 

Sumber: http://bit.ly/1Wc1HaO