Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Pentingnya Vaksin Untuk Anak Anjing: Jangan Tunggu Sampai Terlambat!  

Ketika PetLovers mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi anak anjing, tentunya PetLovers akan memikirkan mengenai tempat tinggal mereka, makanan, tempat buang air, dan bagaimana membesarkan mereka menjadi anjing yang kuat dan sehat.

Namun, ada hal yang tak kalah penting yang harus PetLovers perhatikan: pemberian vaksin untuk anak anjing. Memberikan vaksin berarti memasukkan suatu virus atau bakteri yang telah dimodifikasi sehingga dapat merangsang antibodi untuk melawannya dan mencegah efek buruk penyakit di masa yang akan datang.

Ada beberapa virus yang dapat menyerang anak anjing bahkan hingga berakibat fatal, yaitu kematian. Apa saja yang harus PetLovers perhatikan dalam memberikan pertama vaksin untuk anak anjing?

Usia siap vaksin

Berdasarkan American Animal Hospital Association (AAHA), Anak anjing dapat mulai diberi vaksin setiap dua hingga empat pekan saat berumur enam sampai enam belas minggu. Vaksin untuk anak anjing efektif jika mereka telah mulai mengenal makanan pertamanya.

Jangan malas untuk memberikan anak anjing PetLovers vaksin karena mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati. Harga vaksin jauh lebih murah jika dibandingkan rawat inap saat anak anjing jika terserang penyakit fatal nantinya.

Salah satu alasan kuat pentingnya vaksinasi adalah mengurangi kemungkinan infeksi virus dikarenakan belum ditemukannya obat yang bisa menyembuhkan secara baik.

Cek kesehatan

Selalu konsultasikan dengan dokter hewan  mengenai waktu yang tepat untuk memvaksin. PetLovers juga perlu mempertimbangkan kesehatan mereka saat waktu vaksin datang, jangan sampai  memvaksin mereka saat kondisi mereka tidak benar-benar fit. Pastikan anak anjing tidak sedang bersin-bersin, demam, atau diare sebelum PetLovers membawanya untuk divaksin.

Efek samping setelah vaksin

Beberapa anak anjing akan mengalami gejala efek samping vaksin pada anjing setelah menerima vaksin, seperti demam, depresi, tidak nafsu makan, lemah, dan kurang bersemangat. Hal tersebut lumrah dan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu maksimal dua hari.

Mengenal jenis vaksin wajib

Sebelum memutuskan untuk memvaksin anjing kesayangan, yuk kenali beberapa vaksin wajib untuk anjing kamu.

  • Vaksin DP (Distemper dan Parvovirus)

Merupakan vaksin untuk anak anjing yang dapat membantu mencegah penyakit distemper dan parvovirus. Distemper sendiri merupakan penyakit yang biasa terjadi pada bulan bulan tertentu dan menyerang saluran pernapasan anjing dan mengakibatkan infeksi kulit serta membuat telapak kaki anjing menjadi keras.

Sedangkan parvovirus dapat menyerang saluran pencernaan dan menyebabkan diare, demam, dan muntah bahkan penurunan kemampuan untuk melawan infeksi.

  • Vaksin PiBr

Jenis vaksin untuk anak anjing ini membantu meningkatkan daya tahan terhadap penyakit yang biasa menginfeksi saluran penafasan seperti bordetella ataupun parainfluenza. Vaksin PiBr sebaiknya diberikan ketika usia anjing menginjak sepuluh hingga dua belas minggu. Meskipun sebenarnya tidak menyebabkan kematian, namun kedua penyakit penafasan tersebut dapat memperpendek rasio hidup anak anjing.

  • Vaksin DHLPI

Vaksin jenis ini mencakup perlindungan terhadap penyakit distemper, hepatitis, leptospirosis, dan parvovirus. Normalnya akan diberikan saat anak anjing berusia empat belas hingga enam belas minggu.

  • Vaksin DHLPII+R

Memasuki usia duapuluh minggu, PetLovers dapat memberikan vaksinasi jenis DHLPII+R. “D” pada “DHLPII+R” adalah pencegahan untuk distemper, “H” untuk hepatitis, “L” untuk  leptospirosis, dan “R” adalah untuk membantu perlindungan terhadap virus Rabies

  • Vaksin Rabies

Penyakit Rabies merupakan penyakit yang cukup sering kita dengar pada anjing, dikarenakan menyerang sistem saraf pusat maka gejala yang perlu PetLovers perhatikan yakni: menyebabkan sakit kepala, halusinasi, kecemasan, air liur berlebihan, takut akan air, hingga kematian.

Karena cukup mematikan maka perawatan dalam beberapa jam setelah terinfeksi menjadi sangat penting. Perlindungan terhadap penyakit mematikan ini dapat PetLovers berikan pada usia empat bulan hingga enam bulan dan harus diulang setiap tahunnya.

Memberikan anak anjing vaksin yang tepat dapat mencegah terjangkitnya penyakit yang merugikan tumbuh kembang anak anjing PetLovers.

Dukung juga daya tahan tubuh mereka dengan memberikan nutrisi yang baik seperti PRO PLAN Puppy. Kandungan kolostrumnya dapat menjaga daya tahan tubuh anak anjing.