Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

4 Alasan Kenapa Kucing Mendengkur

Tahukah PetLovers alasan kenapa kucing mendengkur? Dengkuran pada kucing atau yang dikenal dengan istilah purring merupakan salah satu cara kucing berkomunikasi dengan pemiliknya. Jadi, supaya PetLovers tidak salah mengerti, yuk, kenali apa saja yang umumnya dikomunikasikan kucing melalui dengkurannya.

1. Mengekspresikan Rasa Nyaman

PetLovers mungkin sudah terbiasa dengan kucing yang mendengkur saat mereka sedang duduk di karpet atau berbaring di tempat tidurnya. Kondisi ini adalah salah satu waktu paling umum bagi kucing untuk mendengkur, yang menandakan ia sedang dalam kondisi nyaman. Kucing mungkin juga mengeluarkan suara dengkuran saat dibelai atau saat mereka berbaring di dekat PetLovers.

2. Merasa Senang atau Gembira

Biasanya, kucing terlihat rileks saat telentang, mata setengah tertutup, dan ekornya tidak bergerak-gerak. Jika kucing mendengkur, aman untuk berasumsi bahwa kucing berada di tempat yang menyenangkan.

Suara dengkuran di situasi tersebut menandakan kucing PetLovers sedang bahagia. Tak hanya dalam keadaan rileks, saat melihat makanan dan juga melihat PetLovers pulang kerja, kucing yang mendengkur juga bisa diartikan sebagai ungkapan rasa senang.

3. Cara untuk Menenangkan Diri

Penelitian menunjukkan bahwa mendengkur pada kucing juga bisa menjadi cara untuk tetap tenang dalam situasi yang penuh tekanan. Misalnya, kucing mungkin mendengkur selama pemeriksaan oleh dokter hewan sebagai cara untuk menenangkan diri dan meredakan ketakutannya.

4. Merasa Lapar

 Beberapa kucing mendengkur saat waktu makan tiba. Para peneliti mempelajari suara yang dibuat kucing rumahan saat mereka lapar dan saat makanan tidak ada di sekitar mereka. Ternyata, suara dengkurannya tidak sama. Saat mendengkur karena ingin makan, kucing menggabungkan dengkuran normal yang biasa disuarakan dengan tangisan atau suara mengeong yang tidak menyenangkan, seperti tangisan bayi manusia. Jadi, rasa lapar juga bisa jadi penyebab kenapa kucing mendengkur. 

Memberikan makanan tentu akan membuat kucing kesayangan merasa senang saat ia mendengkur karena merasa lapar. Oleh sebab itu, bila kucing kesayanganmu mulai mengeluarkan dengkuran lapar, kamu bisa memberikannya makanan kucing bergizi seperti Pro Plan Adult.

Pro Plan Adult

Makanan kering Pro Plan Adult hadir dengan dua varian, yaitu Pro Plan Adult dengan Formula Ayam dan Pro Plan Adult dengan Formula Salmon. Kedua varian makanan kering ini hadir dengan kemasan baru dan formula yang ditingkatkan untuk kucing dewasa serta menggunakan daging ayam dan salmon asli sebagai bahan utamanya. Selain itu, makanan kucing ini juga dilengkapi Probiotik aktif untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan daya tahan tubuh kucing kesayanganmu. 

Selain makanan kering, ada pula makanan basah seperti Pro Plan Wet Adult yang bisa kamu berikan kepada kucing kesayanganmu. Ketiga varian Pro Plan Adult ini bisa kamu dapatkan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Kamu juga bisa berkonsultasi seputar nutrisi yang tepat untuk anak kucingmu melalui fitur Tanya Ahli di sini.