Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

4 Tips Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Salah satu perubahan perilaku yang umum terjadi pada kucing adalah perubahan selera makan atau terlalu memilih jenis makanan kucing. Oleh sebab itu, kenali apa saja faktor yang membuat kucing tidak mau makan, kandungan makanan kucing yang ideal, dan bagaimana cara mengembalikan selera makannya.

Tips Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Berikut ini adalah beberapa hal yang biasa dialami kucing sebagai alasan kucing tidak mau makan. Lakukan langkah-langkah yang disarankan berikut ini sesuai dengan kondisi yang terjadi.

1. Saat Kucing Tidak Menyukai Makanannya

Bisa jadi, kucing tidak mau makan karena kurang menyukai makanan yang disajikan. Oleh sebab itu, PetLovers bisa memberikan variasi makanan dari segi rasa hingga kombinasi tekstur antara makanan basah dan kering.

2. Saat Kucing Baru Mendapatkan Vaksinasi

Bila kucingmu kehilangan nafsu makan setelah PetLovers membawanya ke dokter hewan untuk vaksinasi, bisa jadi itulah penyebab kucing tidak mau makan. Meski tidak dialami oleh semua, vaksin bisa menyebabkan efek samping pada beberapa hewan, yang biasanya bersifat sementara dan ringan. PetLovers bisa berkonsultasi dengan dokter tempat melakukan vaksinasi untuk menanyakan apa yang sebaiknya dilakukan pasca vaksinasi. 

3. Saat Kucing Kesayangan Mengalami Stres

Kucing yang cemas atau stres bisa jadi kehilangan nafsu makan. Penyebab stres misalnya pindah rumah atau baru diadopsi. Agar kucing tetap merasa nyaman di lingkungan barunya dan mau makan, cobalah untuk menghangatkan makanan basah untuk kucing agar aromanya lebih kuat. PetLovers bisa memberikan Pro Plan Adult Sensitive wet food karena terbuat dari bahan baku yang mudah dicerna, juga mengandung prebiotik.

4. Kucing Sedang Sakit

Sakit yang ringan sekalipun seperti sakit gigi, gangguan pencernaan, hingga sakit yang serius juga akan berdampak pada nafsu makan kucing yang menurun. Untuk menangani kondisi ini PetLovers harus berkonsultasi dengan dokter hewan segera setelah melihat adanya perubahan dalam kebiasaan makan kucing. Semakin cepat PetLovers menanggapi masalah, semakin cepat kemungkinan kucing akan sembuh. Sejumlah kondisi berbeda mungkin menjadi penyebabnya, termasuk infeksi hingga gangguan fungsi organ.

Nah, apabila ternyata salah satu penyebab nafsu makannya menurun adalah mengalami gangguan pencernaan, PetLovers bisa mulai memberikan makanan kucing yang cocok untuk pemilik pencernaan sensitif. Selain makanan basah Pro Plan Adult Sensitive, kamu juga bisa memberikan makanan kering Pro Plan Adult Sensitive Skin & Stomach.

Pro Plan Adult Sensitive Skin & Stomach

Pro Plan Adult Sensitive Skin & Stomach merupakan kemasan baru dari Pro Plan Delicate. Formula di dalamnya telah ditingkatkan untuk mendukung pertumbuhan kucing dewasa dengan pencernaan serta kulit yang sensitif. Tak hanya diperkaya Probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna, Pro Plan Sensitive Skin & Stomach juga dibuat dari ikan salmon dan tuna asli, serta mengggunakan bahan baku pilihan yang mudah dicerna. Bentuk kibble-nya yang lebih bervariasi dan mudah dicerna juga membantu meningkatkan selera makan saat kucing tidak mau makan. Kamu bisa mendapatkan Pro Plan Adult Sensitive wet food dan Pro Plan Adult Sensitive Skin & Stomach di official store Pro Plan di Lazada.

Kapan Harus Dibawa ke Dokter?

Ketika terlihat ada perubahan nafsu makan pada kucing, misalnya kucing menolak makanan dalam beberapa hari, PetLovers bisa segera membawanya ke dokter hewan. Konsultasikan dengan dokter hewan tentang cara merangsang nafsu makan kucingmu dan apakah perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kamu juga bisa bertanya pada fitur Tanya Ahli perihal makanan kucing yang tepat saat kucing tidak mau makan.