Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

5‌ ‌Jenis‌ ‌Asupan‌ ‌Tepat‌ ‌Saat‌ ‌Kucing‌ ‌Lemas‌ ‌Tidak‌ ‌Mau‌ ‌Makan‌ ‌

 Ada banyak hal yang menjadi faktor penyebab kucing lemas tidak mau makan, salah satunya adalah sistem pencernaan yang sensitif. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Petlovers supaya makanan yang dikonsumsi kucing kesayangan dapat dicerna dengan baik dan tidak membuatnya mengalami gangguan pencernaan.

Kucing Lemas dan Penyebabnya

Lemas adalah gejala umum yang terjadi saat kucing sedang sakit, dan salah satu penyebabnya adalah diare yang diakibatkan oleh kondisi perut sensitif. Oleh sebab itu, PetLovers perlu tahu penyebab yang membuat kucing kesayangan memiliki pencernaan yang sensitif.  

 Pencernaan yang sensitif sendiri biasanya disebabkan oleh makanan yang sulit dicerna, reaksi sensitivitas (alergi) terhadap makanan atau bahan tambahan, dan perasa atau pengawet makanan. Selain itu, kurangnya asupan yang mengandung probiotik (bakteri baik) juga bisa menjadi penyebab kucing memiliki pencernaan yang sensitif.

Ciri-Ciri Kucing yang Memiliki Pencernaan Sensitif

Petlovers perlu memerhatikan secara berkala keadaan kucing kesayangan. Waspadai dan segera konsultasikan dengan dokter hewan saat kucingmu sering muntah, muntah bola rambut, berat badan menurun, dan ada perubahan pada kotorannya yang lebih sering bertekstur lembek.

Hal itu bisa terjadi karena ada hal yang tidak beres pada pencernaannya. Bisa jadi kucing kesayangan PetLovers memiliki pencernaan yang sensitif. Jika keadaan itu tidak segera tertangani, maka kucing akan lemas dan susah untuk makan. Pencegahan terhadap kondisi kucing lemas tidak mau makan juga bisa PetLovers mulai dengan memberikan kucing asupan makanan yang tepat. 

Rekomendasi Makanan untuk Kucing yang Pencernaannya Sensitif

 Lalu, jenis makanan seperti apa yang baik untuk kucing dan menghindari kondisi kucing lemas tidak mau makan? Berikut ini adalah paparannya: 

  • Makanan yang Tidak Memicu Reaksi Sensitivitas

Kucing bisa mengalami reaksi sensitivitas terhadap makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan. Dari semua komponen makanan, sumber protein adalah yang paling mungkin menyebabkan sensitivitas terhadap makanan. PetLovers bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui asupan nutrisi yang baik untuk kucing kesayangan.

  • Makanan yang Mudah Dicerna

Memilih makanan yang mudah dicerna adalah satu cara untuk membantu proses pencernaan kucing kesayangan. Dengan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna, tubuh kucing mampu memproses makanan tanpa kesulitan. 

Makanan basah merupakan salah satu pilihan tepat untuk Petlovers saat memberikan makanan pada kucing. Proses pemasakan khusus untuk protein dalam makanan basah bisa membantu membuat kandungan protein di dalamnya lebih mudah dicerna.

  • Makanan yang Memiliki Daya Cerna Tinggi

Berbeda dengan makanan yang mudah dicerna karena proses pembuatannya, makanan yang memiliki daya cerna tinggi adalah makanan yang keseluruhan aspek dari makanannya ikut berpengaruh. Mulai dari pemilihan bahan baku pilihan, proses produksi, hingga nilai ash (kumulatif dari hasil pembakaran semua mineral) dalam komposisi, sehingga ada nilai akhir berapa tingkat daya cernanya. Semakin rendah angkanya, semakin tinggi pula tingkat daya cerna makanan tersebut.

  • Makanan yang Mengandung Probiotik

Memberikan makanan yang mengandung probiotik sebagai bakteri baik juga tepat untuk kucing yang memiliki pencernaan yang sensitif atau saat kondisi kucing lemas tidak mau makan. Bakteri baik seperti Bacillus coagulans mampu menghambat perkembangan mikroorganisme jahat yang berbahaya bagi kucing. Kandungan probiotik tersebut sangat baik untuk kesehatan pencernaan serta mengatasi gangguan pencernaan pada kucing.

  • Makanan yang Diformulasikan Khusus untuk Kucing yang Pencernaanya Sensitif

Kini PetLovers bisa memberikan makanan kucing yang diformulasikan khusus untuk kucing dengan pencernaan sensitif, seperti Pro Plan Sensitive Skin & Stomach.

Pro Plan Sensitive Skin & Stomach kini hadir dengan kemasan baru dan formula yang ditingkatkan, menggunakan bahan baku pilihan, serta menggunakan cooking process khusus sehingga mudah dicerna dan tingkat daya cernanya tinggi.

Pro Plan Sensitive Skin & Stomach

PetLovers juga bisa mengombinasikan makanan kering Pro Plan Sensitive Skin & Stomach dengan makanan basah Pro Plan Wet Sensitive untuk memberikan manfaat optimal bagi kucingmu yang memiliki pencernaan sensitif. Kamu bisa mendapatkan kedua produk ini di official store Pro Plan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Nah, Petlovers beberapa penjelasan di atas bisa menjadi perhatian khusus jika kucing lemas dan tidak mau makan.  Segera konsultasikan dengan dokter hewan apabila kucing lemas tidak mau makan dan kondisinya tidak kunjung membaik. PetLovers juga bisa menggunakan fitur Tanya Ahli di sini untuk mendapatkan informasi seputar nutrisi bagi kucing kesayanganmu dari dokter hewan yang ahli di bidangnya.