Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Anak Kucing Mudah Sakit dan Kurus? Cek 3 Hal Berikut dari Makanannya!

Tahukah PetLovers jika anak kucing mengalami pertumbuhan yang sangat pesat pada tahun pertamanya? Dalam waktu 6 bulan, anak kucing bisa mencapai 75% ukuran dewasanya. Oleh sebab itu, PetLovers harus memilih makanan untuk kucing yang tepat sesuai usianya, agar anak kucing kesayangan tumbuh sehat dan maksimal. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Berikan Asupan Sesuai Usia Anak Kucing

Pada usia neonatal (0-2 minggu), anak kucing masih mengonsumsi susu dari induknya. Jika tidak ada induknya, anak kucing harus diberi susu formula khusus kucing setiap 2 jam. Anak kucing yang baru lahir dapat menyusu hingga 45 menit setiap kalinya. PetLovers juga jangan lupa untuk memerhatikan suhu lingkungannya, ya. Anak kucing harus nyaman dan hangat agar terhindar dari hipotermia. Pada usia 1 minggu, anak kucing harus memiliki berat sekitar 4 ons dan harus ditangani dengan baik.

Memasuki usia 3-8 minggu, anak kucing sudah mulai mengonsumsi makanan semi padat. Pada tahapan inilah PetLovers perlu memerhatikan jenis makanan untuk kucing kecil di rumah agar tidak mudah terserang penyakit.

PetLovers juga perlu mengetahui bahwa anak kucing mungkin terlihat lebih besar pada usia 6-8 bulan. Namun, struktur tulang masih tumbuh dan belum begitu kuat. Itulah sebabnya PetLovers perlu terus memberikan asupan nutrisi yang bergizi khusus anak kucing sampai ia berusia 1 tahun. Setelah itu, PetLovers bisa mulai menggantinya dengan makanan untuk kucing dewasa secara bertahap. 

2. Pahami Kebutuhan Nutrisi Kucing Kesayangan 

Berat anak kucing bisa bertambah dua hingga tiga kali lipat selama beberapa minggu pertama kehidupannya. Untuk mendukung pertumbuhan pesat dan aktivitas yang tinggi ini, anak kucing mungkin memiliki kebutuhan energi tiga kali lipat dari kebutuhan energi kucing dewasa.

Kebutuhan energi yang tinggi ini cukup menantang untuk dipenuhi dengan satu kali makan. Untuk itu, PetLovers perlu memilih makanan untuk kucing yang diformulasikan khusus bagi kucing berusia di bawah 1 tahun. Kenapa? 

Produk dengan varian ini biasanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak kucing. Mulai dari kebutuhan proteinnya sampai nutrisi untuk perlindungan daya tahan tubuhnya sehingga dapat tumbuh maksimal dan terlindung dari penyakit.  

Tak hanya itu, anak kucing juga butuh kolostrum, protein, asam amino, dan mineral, serta beberapa vitamin dengan jumlah lebih tinggi dibanding kucing dewasa. Anak kucing juga harus mendapatkan sekitar 30% energinya dari protein. Nah, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tinggi bagi anak kucing, PetLovers bisa memberikan Pro Plan Kitten with OPTISTART sebagai makanan untuk kucing kecil di rumah.

Pro Plan Kitten with OPTISTART merupakan makanan untuk kucing yang diformulasikan secara khusus untuk anak kucing berusia 6 minggu hingga satu tahun dengan menggabungkan nutrisi utama yang dibutuhkan anak kucing. OPTISTART terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan daya tahan tubuh anakan kucing dengan kandungan kolostrum yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem imun. Kolostrum juga dapat membantu menyeimbangkan bakteri di usus anak kucing sehingga membantu mengurangi risiko masalah pencernaan.

3. Hindari Makanan yang Dapat Membahayakan Anak Kucing

Mungkin saat PetLovers membawa cokelat, buah, atau camilan lainnya, anak kucing kesayanganmu menunjukkan rasa tertarik. Meski begitu, sebaiknya PetLovers tidak tergoda untuk membiarkan anak kucing mencobanya, ya.

Beberapa jenis makanan seperti cokelat, kopi, alpukat, anggur, makanan berlemak, tulang, tomat, kacang-kacangan atau produk yang mengandung bawang mungkin terasa lezat dan bermanfaat bagi manusia. Sayangnya, hal tersebut berlaku sebaliknya bagi kucing. Beragam makanan tersebut justru dapat menjadi racun di tubuh kucing kesayanganmu apabila ia mengonsumsinya. Jadi, pastikan lingkungan sekitar anak kucingmu terbebas dari bahan makanan tersebut.

Ketiga hal di atas bisa PetLovers coba terapkan di rumah supaya anak kucing tak gampang sakit maupun terlihat kurus lagi. Terutama, berikan ia makanan untuk kucing anakan seperti Pro Plan Kitten with OPTISTART secara teratur dengan porsi sesuai rekomendasi, ya. Selain itu, kamu juga bisa memberikan Pro Plan Wet Kitten Chicken dan Pro Plan Wet Kitten Salmon untuk pilihan wet food-nya. Ketiga produk ini bisa kamu dapatkan di official store Purina Pro Plan di Shopee dengan klik di sini.

 

123

Selain memberikan makanan yang tepat, jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter hewan secara berkala untuk mendapat informasi terkini tentang kondisi peliharaanmu, ya. Konsultasi seputar nutrisi bagi kucing kesayangan PetLovers dan makanan yang cocok untuknya juga bisa kamu lakukan melalui fitur Tanya Ahli di sini. Semoga informasi ini bermanfaat!