Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Pastikan 3 Hal Ini Saat Memilih Makanan Anak Kucing

Di awal kelahirannya, anak kucing membutuhkan nutrisi yang cukup agar pertumbuhannya optimal. Saat anak kucing memasuki usia 3-4 minggu, PetLovers sudah mulai bisa memberikan makanan semi padat sebagai makanan pendamping yang ke depannya berperan sebagai pengganti susu untuk anak kucing ketika telah disapih total. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan untuk anak kucing kesayanganmu.

1. Pilih Makanan yang Diformulasikan Khusus untuk Anak Kucing

Perlu PetLovers ketahui bahwa makanan anak kucing berbeda dengan kucing dewasa. Anak kucing membutuhkan energi dua hingga tiga kali lipat lebih banyak dari kucing dewasa. Sayangnya, anak kucing terkadang tidak mendapatkan asupan makanan yang tepat, sehingga belum dapat memenuhi kebutuhan energinya.

Berdasarkan rekomendasi dari AAFCO (American Association of Feed Control Officials) atau Asosiasi Pejabat Pengawas Makanan Hewan di Amerika, kebutuhan minimal protein yang harus dipenuhi untuk anak kucing adalah sebesar 30%. Tak hanya itu, kebutuhan asam amino, mineral, dan vitamin pada anak kucing juga lebih tinggi dibandingkan kucing dewasa. Karena alasan inilah, sebagian besar ahli menyarankan PetLovers untuk memberi makanan pengganti susu untuk anak kucing yang diformulasikan secara khusus sampai usianya menginjak 1 tahun. Misalnya, Pro Plan Kitten with Optistart yang mengandung protein sebesar 40% untuk menunjang pertumbuhan anak kucing.

2. Cek Nutrisi yang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Kucing

PetLovers juga perlu memperhatikan makanan pengganti susu untuk anak kucing yang dikonsumsi, mengingat ia masih rentan terserang penyakit karena daya tahan tubuhnya belum optimal. Perlu PetLovers ketahui, saat masih menyusu ke induknya, anak kucing memperoleh asupan kolostrum yang mampu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Kolostrum juga mengandung hormon pertumbuhan penting serta zat antibodi. 

Agar pertumbuhan dan daya tahan anak kucing optimal, PetLovers perlu memilih makanan pengganti susu untuk anak kucing yang juga mengandung kolostrum sebagai asupan penting untuk menjaga daya tahan tubuhnya, seperti Pro Plan Kitten Starter dan Pro Plan Kitten. 

proplan kitten starter

Pro Plan Kitten Starter merupakan produk terbaru dari Pro Plan bagi anak kucing yang baru belajar makan, yaitu usia 3 minggu hingga 6 bulan. Sementara Pro Plan Kitten hadir dengan kemasan baru dan formula yang ditingkatkan, dan diformulasikan bagi anak kucing dengan usia hingga 1 tahun. 

Baik Pro Plan Kitten Starter maupun Pro Plan Kitten diperkaya kolostrum yang membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh anak kucing kesayanganmu. Tak hanya itu, keduanya juga tinggi kalori dan diperkaya nutrisi penting lain seperti DHA dan mineral untuk mendukung pertumbuhan anak kucingmu. PetLovers bisa mendapatkan Pro Plan Kitten Starter maupun Pro Plan Kitten di official store Pro Plan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

3. Pilih Makanan Anak Kucing yang Bantu Menjaga Kesehatan Pencernaannya

Tahukah, PetLovers? Anak kucing yang sistem pencernaannya masih berkembang ini juga rentan mengalami diare yang dipicu susu selain dari induknya. Oleh sebab itu, hindari memberikan susu lain untuk mengganti susu dari induknya sebelum berkonsultasi dengan dokter hewan. Selain itu, PetLovers juga bisa memastikan untuk memberi makanan pengganti susu untuk anak kucing yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaannya. Misalnya, wet food dan dry food yang mengandung serat inulin dan kolostrum. Perlu PetLovers ketahui, serat inulin dapat membantu penyerapan nutrisi, sementara kolostrum berperan sebagai prebiotik yang berfungsi menjaga kesehatan saluran pencernaan sekaligus menjaga daya tahan tubuh anak kucing kesayanganmu.

Perhatikan Ini Saat Masa Sapih Anak Kucing

Hal lain yang perlu PetLovers perhatikan saat mulai memperkenalkan makanan pengganti susu untuk anak kucing adalah waktu yang tepat untuk memberikan asupan wet food dan dry food. Pada minggu pertama disapih, PetLovers bisa memulai dengan memberikan wet food seperti Pro Plan Wet Kitten Salmon dan Pro Plan Wet Kitten Chicken karena gigi anak kucing yang berusia 1 bulan ini masih sangat kecil dan belum bisa mengunyah dry food dengan baik. 

Pro Plan Wet Chicken and Salmon

Ketika giginya mulai tumbuh, PetLovers bisa mencampurkan wet food dengan dry food seperti Pro Plan Kitten with Optistart yang dilunakkan dengan sedikit air. Secara bertahap, tingkatkan jumlah asupannya. Setelah itu, PetLovers bisa mulai perlahan-lahan mengalihkan anak kucing ke makanan dewasa ketika dia berumur satu tahun, atau ketika dokter hewan menganjurkan untuk melakukannya.

Nah, kini PetLovers sudah mulai memahami cara memilih makanan pengganti susu untuk anak kucing kesayangan, bukan? Selalu perhatikan asupan makanan dan masa transisi anak kucing yang sedang berada dalam masa sapih dari susu induk ke makanan wet food dan dry food, ya. PetLovers juga bisa berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai nutrisi yang dibutuhkan dari makanan pengganti susu untuk anak kucing melalui fitur Tanya Ahli pada situs Pro Plan di sini. Semoga informasinya bermanfaat!