Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

3 Ciri Anjing Akan Melahirkan yang Perlu Diketahui

Perubahan hormon serta perilaku juga terjadi pada anjing saat ia bunting, akan melahirkan, hingga bersiap untuk melahirkan. Oleh sebab itu, sebagai pemilik anjing yang baik, PetLovers tentu bisa memberikan perhatian lebih pada fase penting ini. Salah satunya dengan mengenali ciri-ciri anjing melahirkan, mendukung prosesnya, serta memberikan asupan nutrisi terbaik seperti makanan anjing Pro Plan. Yuk, simak selengkapnya!

Usia dan Tanda-Tanda Anjing Bunting 

Perlu PetLovers ketahui, anjing bunting selama sekitar 56-66 hari yang diukur dari hari ovulasi hingga hari kelahiran anak anjing. Periode tersebut dibagi dalam tiga tahapan, yang masing-masing berdurasi 21 hari.
Dalam beberapa minggu pertama, mungkin hanya sedikit tanda-tanda yang muncul, sehingga PetLovers mungkin tak menyadarinya. Meski terlihat normal   saat awal-awal kebuntingan, berat badan anjing dapat bertambah sesuai usia kebuntingannya.

Semakin tua usia kebuntingannya, perubahan fisik pada anjingmu mulai terlihat. Misalnya, ukuran perut dan puting yang membesar. Bahkan, beberapa anjing mengalami morning sickness selama beberapa hari pada minggu ketiga atau keempat. Hal ini normal dan bisa terjadi karena adanya perubahan hormon.

Tanda lainnya dari anjing bunting adalah ia tampak lelah dan makan lebih sedikit dari biasanya. Oleh karena itu, PetLovers perlu berikan makanan bernutrisi tinggi untuk memenuhi kebutuhan energi pada anjing yang sedang bunting dan jangan lupa konsultasi ke dokter hewan agar kebuntingan anjingmu tetap terjaga kesehatannya.

Ciri-ciri Anjing Melahirkan

Nah, berikut ini adalah beberapa ciri anjing PetLovers yang bunting akan segera melahirkan dalam waktu dekat. Simak dan pahami agar dapat membantu proses persalinan atau perawatan anjing yang bunting.

1. Penurunan Suhu Tubuh

Salah satu tanda awal persalinan pada anjing adalah penurunan suhu tubuh anjing, dari 38,5 derajat Celsius menjadi 37 derajat Celsius. Persalinan ini biasanya akan berlangsung selama 12-24 jam. Untuk mengetahui ciri-ciri anjing melahirkan ini, PetLovers bisa mengukur suhu tubuh induk anjing sebanyak dua kali dalam sehari menggunakan termometer rektal, pada minggu terakhir sebelum proses persalinan. Namun, apabila anjing PetLovers terlihat tidak nyaman atau terganggu dengan pemeriksaan suhu tersebut, hal ini bisa dihentikan. Prioritas PetLovers saat ini adalah membantunya untuk tetap tenang.

2. Terlihat Gelisah dan Mengasingkan Diri

Anjing yang bunting mungkin sedikit gelisah dan mengasingkan diri di tempat yang tenang    ketika mendekati masa melahirkan. Biasanya ciri-ciri anjing melahirkan ini disertai hilangnya nafsu makan dan anjing terlihat mengacak-ngacak tempat tidurnya. Kondisi ini akan berlangsung selama 12-24 jam sebelum persalinan.

3. Mencari Tempat untuk Proses Melahirkan

Terkadang, anjing bunting suka memindahkan tempat persalinan yang telah PetLovers persiapkan ke sudut lain rumah. Jika hal ini terjadi, cobalah untuk tidak memindahkannya dari lokasi yang telah dipilih sendiri oleh anjingmu.

Selain mengetahui ciri-ciri anjing melahirkan, PetLovers juga perlu tahu apa saja yang bisa disiapkan di masa tersebut. Selain membantu anjingmu tetap tenang dan menyiapkan tempat melahirkan yang nyaman, PetLovers juga perlu memenuhi asupan makanannya. Hal ini supaya anjing kesayanganmu tetap memiliki tenaga yang cukup. Kamu bisa membantu mencukupi nutrisi anjingmu dengan memberikan Pro Plan Performance.
 

Pro Plan Performance

Pro Plan Performance merupakan makanan anjing dengan kombinasi nutrisi yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan otot. Pro Plan Performance yang tinggi protein dan lemak ini tak hanya cocok untuk anjing yang sangat aktif dan anjing pekerja, tapi juga untuk anjing yang sedang bunting dan menyusui. Kamu bisa mendapatkan makanan anjing Pro Plan Performance dengan mudah melalui official store Pro Plan di Lazada.   Kamu juga bisa bertanya melalui fitur Tanya Ahli di sini   bila punya pertanyaan soal nutrisi untuk anjing bunting.

Kapan Harus ke Dokter?

Pada umumnya anjing betina dapat menangani persalinan sendiri. Namun, pada beberapa kasus, komplikasi mungkin dapat terjadi. Segera hubungi dokter hewan ketika peliharaanmu mengalami ciri-ciri anjing melahirkan berikut ini:

  1. Gagal melahirkan dalam waktu 24 jam setelah suhu tubuhnya turun. Suhu tubuh anjing yang rendah biasanya merupakan tanda bahwa anak anjing akan lahir. Tapi bila anak anjing tak kunjung keluar, mungkin ada kendala dalam prosesnya, sehingga memerlukan bantuan dokter hewan.
  2. Anak anjing tak dapat dikeluarkan meski anjingmu telah kontraksi kuat selama 20-30 menit. Kondisi ini memaksa anjing harus dioperasi untuk mengeluarkan anak anjing di dalam perutnya.
  3. Tidak ada anak anjing yang lahir dalam waktu empat jam setelah anjing bunting mengeluarkan leleran berwarna hijau atau merah kecoklatan.
  4. Kontraksi yang lemah selama lebih dari dua jam. 
     

Semoga setelah mengetahui ciri-ciri anjing melahirkan di atas, PetLovers bisa membantu anjing kesayanganmu melahirkan dengan aman dan nyaman. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan makanan anjing berkualitas baik sehingga ia tetap kuat dan sehat saat melalui proses melahirkan, juga saat menyusui anak anjingnya nanti.