Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

4 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Anjing

Tahukah PetLovers, kutu anjing tak hanya bisa hidup di tubuh hewan kesayanganmu, tapi juga di area rumah yang lain, yang biasa disebut kutu loncat atau pinjal. Oleh sebab itu, berikut hal yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kutu anjing. Selain itu, Petlovers juga perlu perhatikan nutrisi untuk kulit dan rambutnya agar meminimalisir terjadinya reaksi akibat gigitan kutu.

Ciri Tubuh Anjing yang Terdapat Kutu

PetLovers, saat anjingmu terlihat mulai sering menggaruk-garuk atau terdapat ruam kemerahan, cobalah memeriksa kondisi kulit dan rambutnya. Saat terlihat bintik hitam dan putih pada rambut, yang merupakan tanda kulit anjing terinfeksi kutu, PetLovers perlu segera mengatasinya. Bila tak segera diatasi, anjing berisiko mengalami anemia karena kehilangan banyak darah.

Bisakah Kutu Anjing Menular pada Manusia?

Bila penularan yang dimaksud adalah kutu anjing hidup di tubuh manusia, jawabannya adalah tidak. Hal ini dikarenakan kutu anjing merupakan spesies yang hanya bisa hidup dan berkembangbiak di rambut anjing. Namun, kutu anjing tetap bisa menggigit manusia karena bisa merayap dari rambut ke alas tidur anjingmu, ke tempat tidur PetLovers, ke sofa, ke karpet, dan ke tempat lain yang sering dijadikan tempat beraktivitas peliharaanmu. Saat kutu menggigit dan menghisap darah manusia, akan terasa sensasi gatal. Bila digaruk, kulit PetLovers akan mengalami infeksi kulit. Untuk menghindarinya, pastikan anjing kesayangan dan lingkungan rumah PetLovers terbebas dari kutu anjing.

Cara Menghilangkan Kutu Anjing

Supaya kulit dan rambut anjingmu kembali sehat, lakukan hal-hal berikut ini untuk menghilangkan kutu anjing:

1. Lakukan Perawatan Secara Rutin

PetLovers perlu melakukan perawatan secara berkala, terutama pada punggung, leher, ekor, sela-sela jari dan lipatan tubuh anjing, yang merupakan tempat kutu dan telur hinggap. PetLovers juga bisa memandikan anjing dengan air hangat dan shampoo secara rutin, sebab shampoo cukup efektif untuk membunuh kutu. Selain itu, PetLovers juga bisa membeli sisir kutu untuk membersihkan rambut anjing dari kutu atau telurnya. Jangan lupa gunakan sarung tangan saat menyisir rambut anjing, ya.

2. Gunakan Obat Kutu

Berikan anjing obat kutu untuk membasminya. Kamu bisa berkonsultasi kepada dokter hewan dan meminta resep obat yang cocok untuk menghilangkan kutu anjing pada peliharaan kesayanganmu. 

3. Bersihkan Tempat Tinggal dan Tempat Beraktivitas Anjing

Bersihkan kandang dan tempat lain yang sering jadi lokasi aktivitas anjing di rumah. Mulai dari tempat tidur dan selimutnya, sofa, karpet, hingga tempat tidur PetLovers – apabila anjingmu juga sering menemanimu di kamar. Lingkungan yang bersih adalah pertahanan pertama anjing PetLovers untuk terhindar dari serangan kutu. 

Kamu juga bisa memangkas rumput secara teratur, tutup tempat sampah, dan vakum karpet secara berkala. Cuci tempat tidur anjing dan pel lantai secara teratur. Terakhir, untuk menghilangkan kutu anjing, usahakan untuk menjaga lingkungan rumah sekering mungkin. 

4. Asupan Nutrisi yang Tepat

Berikan anjing asupan makanan yang tepat sebagai langkah maksimal menghilangkan kutu anjing, seperti Pro Plan Sensitive Skin & Coat. Pro Plan Sensitive Skin & Coat juga bisa menjadi andalanmu sebagai makanan anjing . Hal ini dikarenakan Pro Plan Sensitive Skin & Coat dengan formula OPTIDERMA untuk menurunkan potensi terjadinya reaksi kulit akibat gigitan kutu dan mengandung paduan nutrisi penting seperti asam amino, asam lemak omega 3 dan 6, zink, serta multivitamin yang mendukung kesehatan kulit dan keindahan rambut anjing kesayanganmu. Pro Plan Sensitive Skin & Coat tersedia dalam tiga varian yaitu Pro Plan Puppy Sensitive Skin & Coat All Size untuk anak anjing semua ukuran; Pro Plan Puppy Sensitive Skin & Coat Small & Mini untuk anjing dewasa berukuran kecil; dan Pro Plan Adult Sensitive Skin & Coat Medium & Large untuk anjing dewasa berukuran sedang dan besar. Kamu bisa mendapatkan ketiga varian Pro Plan Sensitive & Coat di official store Pro Plan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia.
 

Pro Plan Sensitive Skin & Coat dengan formula OPTIDERMA

Nah, sekarang PetLovers sudah tahu kan, bahwa menghilangkan kutu anjing tak hanya membersihkan tubuh anjing dari kutu, tapi juga menjaga kebersihan lingkungannya. Selain itu, memberikan asupan nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit dan keindahan rambutnya juga tak kalah penting. Jangan lupa berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang penyakit akibat kutu yang dihadapi anjing kesayanganmu, ya. Kamu juga bisa bertanya melalui fitur Tanya Ahli di sini untuk mengetahui makanan anjing yang memiliki masalah pada kulit dan rambutnya.