Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

6 Penyebab Anjing Lemas yang Perlu PetLovers Waspadai

Memasuki usia senior, yakni di atas 7 tahun, tubuh anjing kesayanganmu mungkin mengalami penurunan fungsi. Bahkan, ia bisa menjadi kurang aktif karena merasa lemas, hingga kesulitan berjalan. Apa faktor penyebab anjing lemas yang mungkin dialami oleh anjing seniormu dan bagaimana cara menolongnya?

Penyebab Anjing Senior Lemas dan Kesulitan Berjalan

PetLovers, ketahui beberapa penyebab anjing seniormu lemas dan terlihat kurang bersemangat. Hal-hal di bawah ini mungkin pernah dialami oleh anjing kesayangan PetLovers:

1. Mengalami Degenerative Myelopathy (DM)

Mielopati degeneratif (DM) merupakan menurunnya fungsi saraf tulang belakang yang pada akhirnya berdampak pada masalah komunikasi antara otak dan anggota tubuh. Kondisi ini biasa ditemukan pada anjing berusia 8-14 tahun. Pada kondisi ini, anjing senior akan terlihat terhuyung-huyung atau menyeret kakinya saat berjalan. Bahkan, setelah 6-12 bulan, anjing yang mengalami kondisi ini secara bertahap akan kehilangan fungsi anggota tubuh depannya yang ditandai dengan anjing sulit berdiri atau berjalan.

2. Penurunan Fungsi Otak

Salah satu penyebab anjing lemas adalah karena fungsi otaknya yang semakin menurun seiring bertambahnya usia. Sama seperti manusia, anjing senior juga mengalami degenerasi fungsi otak yang akan membuatnya jadi lemas, kurang aktif, tidak fokus, dan juga pikun.

3. Obesitas

Saat frekuensi aktivitas menurun, anjing senior pun rentan menderita obesitas. Jika sudah mengalami obesitas, maka anjing senior akan makin kesulitan untuk mengangkat tubuhnya, sehingga terkesan lemas dan sulit untuk berjalan.

4. Sendi dan Masalah Persendian

Seiring bertambahnya usia, kesehatan sendi dan tulang pun akan ikut melemah. Itu sebabnya di usia senior, anjing terlihat tidak bergairah dan kesulitan untuk berjalan.

5. Kurang Aktif dan Lebih Banyak Tidur

Semakin tua usia anjing, energinya pun semakin turun sehingga tingkat aktivitasnya lebih rendah. Kondisi ini adalah bagian dari proses penuaan yang normal. Seiring bertambahnya usia, anjing juga cenderung tidur lebih lama dan lebih sering. 

6. Nafsu Makan Berkurang

Kurangnya nafsu makan merupakan penyebab anjing lemas yang cukup sering terjadi. Ketika nafsu makan anjing senior berkurang, tentu asupan energi yang masuk juga tidak optimal. Bahkan, anjing yang kurang nafsu makan juga malas untuk beraktivitas. 

Lakukan Ini Saat Anjing Senior Lemas

Yuk, coba lakukan beberapa tips berikut ini untuk membantu anjing Kembali aktif dan otaknya berfungsi dengan baik.

1. Lakukan Pemeriksaan Rutin ke Dokter Hewan

Buatlah jadwal untuk pemeriksaan ke dokter guna mengetahui kondisi fisik dan organ dalam anjing seniormu. Walaupun tidak terlihat ada masalah kesehatan, PetLovers sebaiknya tetap rutin melakukan pemeriksaan ke dokter hewan agar lebih waspada dan terhindar dari penyebab anjing lemas.

2. Ajak Anjing Senior Melakukan Aktivitas Fisik

PetLovers bisa berkonsultasi dengan dokter hewan tentang program latihan untuk menjaga anjing senior tetap aktif. Anjing senior yang beraktivitas fisik secara teratur memiliki tingkat stres yang lebih rendah, sehingga lebih bahagia. Kondisi ini juga akan memengaruhi nafsu makannya.

3. Cek Asupan Nutrisinya

Asupan nutrisi merupakan hal yang tak kalah penting untuk mendukung aktivitas dan fokus anjing senior kesayangan PetLovers. Pastikan anjing seniormu mendapatkan pola makan seimbang yang dirancang untuk usianya. Pola makan yang sehat dan asupan glukosamin dapat membantu anjing senior PetLovers tetap aktif dan terhindar dari penyebab anjing lemas. Nah, kandungan glukosamin yang penting untuk menjaga kesehatan persendian anjing senior  ini bisa didapatkan dari Pro Plan Adult 7+ Bright Mind. 

Pro Plan Adult 7+ Bright Mind diformulasikan khusus untuk anjing yang memasuki masa tua di umur 7 tahun ke atas untuk mencegah tanda-tanda penuaan yang tidak selalu terlihat pada anjing senior. Formula BRIGHT MIND dalam Pro Plan Adult 7+ hadir dengan kandungan minyak botani yang kaya akan MCT (Medium Chain Triglycerides). Minyak MCT dapat digunakan sebagai energi tambahan bagi otak anjing dan terbukti membantu meningkatkan fokus serta daya ingat dalam 30 hari pemakaian. Selain itu, kandungan protein yang tinggi dan glukosamin di dalamnya dapat mendukung kesehatan otot, tulang, dan sendi pada anjing senior. Pro Plan Adult 7+ Bright Mind hadir dalam dua varian sesuai ukuran anjing senior, yaitu Pro Plan Adult 7+ Bright Mind Small & Mini dan Pro Plan Adult 7+ Bright Mind Medium & Large. Keduanya bisa kamu dapatkan di official store Pro Plan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Pro Plan Adult 7+ Bright Mind

Itulah beberapa hal yang ternyata bisa jadi penyebab anjing lemas, terutama di usia senior. PetLovers kini bisa lebih menjaga anjing senior kesayangan agar terhindar dari kondisi yang semakin memburuk di usianya yang tak muda lagi. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar nutrisi yang tepat bagi anjing senior, PetLovers bisa berkonsultasi dengan dokter hewan Pro Plan melalui fitur Tanya Ahli di sini.