Ketahui Jenis-Jenis Penyakit Kulit pada Anjing

Ada beragam penyakit kulit anjing yang mungkin saja menghampiri anjing kesayanganmu di rumah. Terkadang, kita sering tidak menyadari ada yang salah sampai akhirnya penyakit tersebut terlihat. Kira-kira, apa saja penyakit anjing yang bisa membahayakan kulitnya?

  • Alergi Dermatitis

Ada banyak faktor alergi dermatitis yang terjadi pada anjing: makanan, shampoo, gigitan serangga termasuk yang paling umum. Alergi ini bisa dilihat dengan adanya kemerahan di kulitnya, serta frekuensi menggaruk yang berlebihan di area yang sama. Jika ini terjadi, sebaiknya kamu mencari tau dulu penyebab dari alergi ini. Kalau sudah ditemukan, hentikan penggunaan/hindari benda-benda tersebut.

  • Kutu

Penyakit anjing yang satu ini memang dapat dibilang sangat mengganggu anjing kesayangan. Kutu pada kulit anjing juga bisa membawanya pada penyakit yang lebih serius seperti anemia. Biasanya, anjing akan menggaruk-garuk dan menjilati area yang terkena kutu secara berlebihan. Kulit biasanya juga akan berubah warna. Untuk menghindari hal ini, jaga kebersihan kandangnya dan lakukan grooming yang teratur.

  • Infeksi jamur

Penyakit anjing ini memang sering terjadi. Tanda-tandanya pun sangat umum seperti menjilat dan menggaruk badan. Infeksi ini biasanya muncul di daerah cakar dan telinga, kamu bisa melihat adanya perubahan warna kulit yang terjangkit. Walau ini bisa disembuhkan dengan obat oles, tetap jaga kebersihan dan perhatikan perkembangannya ya.

  • Ringworm

Disebabkan oleh jamur, penyakit ini menyebabkan rasa terbakar, gatal, dan rontok pada kulit anjing. Ringworm terlihat seperti lingkaran yang biasanya terjadi di daerah kepala, telinga, dan juga kaki. Penyakit ini termasuk jenis menular, jadi jika ada lebih dari satu anjing di rumahmu sebaiknya pisahkan dulu anjing yang terkena ringworm dengan anjing yang lainnya.

Empat penyakit kulit anjing di atas termasuk cukup sering dan umum ditemui. Jaga kebersihan dan kesehatannya agar terhindar dari penyakit tersebut. Jangan lupa temui dokter jika penyakitnya masih berlanjut ya.