Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Ketahui Sayur dan Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Anak Anjing

PetLovers mungkin sudah menyiapkan makanan anak anjing terbaik untuk hewan peliharaan. Namun, mengingat ia tinggal di rumah bersama keluarga dan melihat kebiasaan makan anggota keluarga, sangat mungkin bila ia tertarik dengan makanan manusia, seperti buah dan sayur. Beberapa buah dan sayur seperti pisang, mangga, jeruk, mentimun, atau wortel mungkin aman bila tak sengaja dikonsumsi anjing kecilmu. Namun, beberapa sayur dan buah berikut harus dihindari agar anak anjingmu tidak mengalami gangguan kesehatan, karena merupakan makanan yang tidak boleh untuk anjing.

Jenis Buah yang Harus Dihindari

Berikut ini adalah beberapa jenis buah yang sebaiknya tidak diberikan kepada anak anjing kesayangan PetLovers, karena termasuk dalam makanan yang tidak boleh untuk anjing.

1. Alpukat

Meskipun alpukat merupakan buah yang menyehatkan bagi PetLovers, sebaiknya lebih berhati-hati saat PetLovers membuang kulit dan daun alpukat. Sebab, kulit dan daun alpukat mengandung persin yang merupakan racun bagi anjing karena menyebabkan anjing muntah dan diare.

2. Ceri

Makanan yang tidak boleh untuk anjing selanjutnya adalah ceri. Biji ceri mengandung sianida yang beracun bagi anjing. Zat sianida ini dapat mengganggu peredaran oksigen pada sel darah anjing, sehingga anjing kesayangan PetLovers tidak bisa mendapatkan cukup oksigen. Jika anak anjing makan ceri, PetLovers harus waspada terhadap perubahan pupil yang membesar, ataupun saat anjing kesulitan bernapas dan gusinya memerah. Kondisi ini mungkin tanda-tanda anak anjing keracunan sianida.

3. Anggur

Anggur maupun kismis (anggur kering) sangat beracun bagi anak anjing dari ras apapun. Faktanya, mengonsumsi anggur berisiko menyebabkan gagal ginjal mendadak pada anak anjing. Jadi, PetLovers perlu memperhatikan buah berbahaya yang merupakan makanan yang tidak boleh untuk anjing ini agar tidak ada di sekeliling anak anjing kesayangan PetLovers, ya!

Sayur yang Harus Dihindari

Selain buah, nyatanya sayur jenis tertentu juga termasuk makanan yang tidak boleh untuk anjing. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Jamur

Anak anjing harus menghindari makanan apapun yang mengandung jamur. Meskipun hanya 50-100 dari 50.000 spesies jamur di seluruh dunia yang diketahui beracun, sebaiknya PetLovers tidak mengambil risiko. Selain dapat menyebabkan gangguan kesehatan, jamur bahkan bisa menyebabkan kematian jika dikonsumsi anak anjing.

2. Bawang

Baik itu bawang merah, bawah putih, bawang bombay, daun bawang, maupun bagian dari tumbuhan bawang lainnya tidak boleh ada dalam jangkauan anak anjing. Mengonsumsi bawang bisa menyebabkan sel darah merah anak anjing pecah dan mengakibatkan muntah, diare, sakit perut, dan mual. Keracunan bawang bisa terjadi lebih serius pada ras anjing Jepang seperti Akita dan Shiba Inu.

3. Tomat

Tomat matang umumnya relatif aman untuk anak anjing. Meski demikian, bagian dari tanaman tomat yang berwarna hijau, yakni daun dan batangnya, mengandung zat beracun yang disebut solanin dan berbahaya untuk anak anjingmu. Jadi, PetLovers harus berhati-hati saat mengolah makanan berbahan dasar tomat atau menaruh belanjaan tomat di rumah saat anak anjing sedang bermain. Bila PetLovers menanam pohon tomat di rumah, sebaiknya jauhkan anak anjingmu dari area tanaman tomat, ya.

Tips Mencegah Anak Anjing Memakan Buah dan Sayur Berbahaya

PetLovers bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk menghindarkan anak anjing kesayangan dari makanan yang tidak boleh untuk anjing.

1. Jauhkan dari Jangkauan

Hindari menyimpan bahan makanan yang tidak boleh untuk anjing di tempat yang bisa ia jangkau. Sebaiknya, PetLovers menyimpan buah dan sayur tersebut di meja yang tinggi, di dalam wadah yang terkunci, atau di dalam kulkas.

2. Hindari Memakan Sayur dan Buah di Hadapan Anjing

Anak anjing pasti akan penasaran saat melihat PetLovers memakan sesuatu. Dia akan mendekat dan mengendus hingga menggigitnya. Oleh sebab itu, sebaiknya PetLovers mengonsumsi makanan tersebut saat anjing istirahat atau tidak ada di sekelilingmu.

3. Berikan Anjing Makan Secara Teratur

Rutin memberi makan bisa menjadi tips ampuh untuk menghindari anak anjing mencari-cari makanan sendiri. Oleh karena itu, agar anak anjing kesayanganmu tetap kenyang dan kebutuhan nutrisinya terpenuhi, berikan makanan anjing yang tepat seperti Pro Plan Puppy Healthy Growth & Development.

Pro Plan Puppy Healthy Growth & Development hadir dalam tiga varian sesuai ukuran tubuh anak anjing, yaitu Pro Plan Puppy Healthy Growth & Development Small & Mini; Pro Plan Puppy Healthy Growth & Development Medium; dan Pro Plan Puppy Healthy Growth & Development Large. Ketiga varian Pro Plan Puppy ini sama-sama mengandung kolostrum yang terbukti secara ilmiah dapat mendukung sistem kekebalan tubuh anak anjing. 

Pro Plan Puppy Healthy Growth & Development

Tak hanya itu, Pro Plan Puppy juga memiliki bentuk kibble yang mudah dihaluskan serta mudah dicerna sehingga memudahkan anak anjing untuk mengonsumsinya saat masa perkenalan makanan anjing. Kamu bisa mendapatkannya di official store Pro Plan di Shopee, Lazada, dan Tokopedia

Terakhir, PetLovers perlu ingat bahwa anak anjing akan mendekat setiap melihatmu makan dan ini hal yang wajar. Oleh sebab itu, PetLovers yang perlu mengontrol diri saat ingin mengonsumsi jenis makanan yang tidak boleh untuk anjing. Untuk lebih jelasnya, PetLovers bisa berkonsultasi dengan dokter hewan Pro Plan melalui fitur Tanya Ahli di sini. Semoga anak anjingmu sehat selalu!