Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

3 Penyebab Anak Kucing Sakit Mata dan Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Sebagai salah satu indra yang punya peran penting, mata anak kucing perlu dijaga kesehatannya. Apabila anak kucing sakit mata, PetLovers perlu segera mengobatinya supaya aktivitas dan nafsu makannya tidak terganggu. Nah, salah satu penyakit anak kucing yang sering ditemui adalah  konjungtivitis. Yuk, kenali ciri dan pertolongan pertama yang bisa PetLovers lakukan.

Konjungtivitis: Tanda dan Penyebabnya

Konjungtivitis adalah peradangan pada konjungtiva atau lapisan merah muda di sekitar bola anak mata kucing. Penyakit mata ini rentan terjadi pada anak kucing berusia kurang dari 6 bulan karena daya tahan tubuhnya belum berkembang optimal. Konjungtivitis diakibatkan oleh infeksi virus ataupun bakteri. Pada anak kucing yang sehat, biasanya mata terlihat bersih dan selaput konjungtiva matanya berwarna terlihat sedikit merah muda. Jadi, jika menemukan ciri-ciri di bawah ini, PetLovers perlu waspada dengan kesehatan anak kucing kesayangan. Tanda anak kucing sakit mata atau mengalami konjungtivitis adalah sebagai berikut:

  1. Satu atau kedua mata anak kucing kesayangan terlihat merah dan bengkak;
  2. Sensitif terhadap cahaya. Hal ini ditandai dengan seringnya anak kucing menyipitkan mata saat berada di tempat yang terlalu terang; dan
  3. Mata mengeluarkan lendir atau kotoran mata yang berwarna putih kehijauan, berkaca-kaca, atau bertekstur kental.

Penyebab anak kucing kesayangan menderita konjungtivitis pun berbeda-beda, antara lain:

1. Debu

Petlovers perlu memperhatikan kegiatan bermain anak kucing kesayangan. Jangan biarkan anak kucing bermain di tempat yang penuh dengan debu.

2. Virus herpes

Virus dapat menyebabkan anak kucing sakit mata, dan beberapa jenis virus yang paling umum ditemui sebagai penyebab sakit mata pada anak kucing adalah virus herpes. Memberi vaksin pada anak kucing merupakan cara terbaik untuk mencegahnya.

3. Bakteri

Ada banyak jenis bakteri penyebab konjungtivitis pada anak kucing, misalnya seperti Chlamydia, Mycoplasma, Streptococci dan Staphylococci. Kucing kemungkinan akan terkena konjungtivitis akibat bakteri setidaknya satu atau dua kali dalam hidupnya.

Pertolongan Pertama pada Anak Kucing Sakit Mata

Lalu, bagaimana jika anak kucing kesayangan sudah memiliki ciri-ciri yang di atas? Inilah pertolongan pertama yang bisa PetLovers lakukan di rumah.

  • Sediakan bola kapas bersih, lalu celupkan ke dalam air bersih dan basuhkan secara perlahan ke sudut mata anak kucing dengan gerakan dari dalam ke luar. Hal ini bisa membantu PetLovers untuk membersihkan mata anak kucing kesayangan. Lakukan dengan sangat hati-hati. Ingat, gunakan bola kapas bersih dan berbeda untuk masing-masing mata supaya lebih steril.
  • Hindari memberikan obat tetes mata kepada anak kucing tanpa resep dokter, karena hal tersebut bisa berbahaya dan bisa memperburuk kondisi kesehatan mata anak kucingmu. Hindari juga memberikan sisa obat tetes mata yang mungkin dulu pernah digunakan saat anak kucing mengalami iritasi mata, sebelum konsultasi dengan dokter hewan.

Jika dalam waktu 24 jam kondisi mata anak kucing masih tidak membaik atau matanya terlihat bengkak sehingga sulit melihat, segera kunjungi dokter hewan dan konsultasikan kondisi matanya supaya diberikan obat yang bisa mengobati sakit mata.

Selain merawat mata anak kucing dari luar, pemberian makanan yang bernutrisi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Oleh karena itu, berikan makanan kucing seperti Pro Plan Kitten Starter yang diperuntukkan bagi anak kucing kesayanganmu.
Pro Plan Kitten Starter merupakan produk terbaru dari Pro Plan dan berbeda dengan dry food Pro Plan Kitten yang telah ada. Pro Plan Kitten diperuntukkan bagi anak kucing berusia hingga 1 tahun, sementara Pro Plan Kitten Starter bisa diberikan pada anak kucing yang baru belajar makan, yaitu usia 3 minggu hingga 6 bulan.

Pro Plan Kitten Starter

Pro Plan Kitten Starter terbuat dari daging salmon serta tuna asli sebagai bahan baku utama, dan kibble-nya mudah dilembutkan dengan air, sehingga memudahkan anak kucing yang sedang belajar makan.

Tak hanya itu, Pro Plan Kitten Starter juga diperkaya kolostrum yang bisa membantu perkembangan sistem imun tubuh pada anak kucing serta nutrisi penting lain seperti kalori tinggi, DHA, dan mineral untuk mendukung pertumbuhannya. Pemberian Pro Plan Kitten Starter juga bisa dikombinasikan dengan Pro Plan Wet Kitten Chicken maupun Pro Plan Wet Kitten Salmon, lho. Kamu bisa mendapatkan produk-produk ini di official shop Purina di Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Kamu juga bisa berkonsultasi seputar nutrisi yang tepat untuk anak kucingmu melalui fitur Tanya Ahli di sini.

Nah, itu dia informasi seputar tanda-tanda anak kucing sakit mata dan pertolongan pertama yang bisa PetLovers lakukan di rumah. Semoga anak kucingmu tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit seperti konjungtivitis. Tentunya hal ini juga harus diimbangi dengan dukungan asupan nutrisi dari Pro Plan, ya.