Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

4 Cara Bantu Kucing Memiliki Berat Badan Ideal

Memiliki kucing yang sehat dengan berat badan ideal sesuai jenis dan usianya tentu jadi dambaan PetLovers. Tubuh kucing yang ideal bisa dilihat dari area pinggang, yaitu garis pinggangnya masih terlihat, tulang rusuk masih dapat teraba sedikit, dan perutnya terlihat dari atas maupun samping. Kondisi ini menandakan bahwa lemak tubuhnya cukup, tidak kekurangan, maupun berlebihan.
 

Berat Badan Kucing Pro PlanBerat Badan Kucing Pro Plan

Lalu, bagaimana cara menambah berat badan kucing dan cara membuat kucing gemuk dengan sehat sehingga tetap terhindar dari obesitas? Berikut triknya.

1. Pastikan Kucing Terhindar dari Stres

Pastikan kucing PetLovers terhindari dari stres dan tetap bahagia. Kucing yang tenang adalah salah satu ciri kucing yang bahagia, karena tingkat kecemasannya rendah sehingga nafsu makannya baik. Saat memberi makan kucing, berikan ia me time untuk menikmati makanannya. Hal ini dikarenakan kucing lebih suka makan tanpa diganggu, sehingga makannya jadi lebih lahap.

2. Berikan Makanan Kucing yang Sesuai dengan Seleranya

Tidak bisa dipungkiri bahwa kucing juga memiliki preferensi makanan kesukaannya. Idealnya, kucing memang diberikan kombinasi makanan basah dan kering supaya bisa mendapat manfaat nutrisi yang optimal. Namun, bila kucing PetLovers lebih menyukai makanan basah, berikan ia makanan kucing Pro Plan varian wet food. Kalau kucingmu lebih suka makanan kering, berikan ia Pro Plan varian dry food. Kamu juga bisa berkonsultasi mengenai makanan kucing yang tepat melalui fitur Tanya Ahli di sini. Dengan begitu, akan didapatkan makanan kucing yang sesuai dengan kebutuhannya dan kesukaannya, sehingga kucing ingin memakannya. Cara ini cukup efektif diaplikasikan sebagai cara membuat kucing gemuk dengan sehat sehingga berat badannya tetap ideal.

3. Pertimbangkan Kandungan pada Makanan Kucing

Pastikan makanan kucing yang diberikan sesuai dengan kebutuhan gizi kucing. Artinya, kucing perlu mendapatkan nutrisi penting untuk kesehatannya dari protein hewani sebagai cara membuat kucing gemuk dengan sehat sehingga berat badannya tetap ideal. Misalnya, memberikan Pro Plan Adult dry food dan wet food.

Pro Plan Adult wet food & dry food

Pro Plan Adult wet food maupun dry food mengandung protein dan lemak dengan formula yang lengkap dan seimbang untuk kucing dewasa. Apalagi, Pro Plan Adult dry food kini hadir dengan kemasan baru dan formula yang ditingkatkan. Kini kamu bisa memilih Pro Plan Adult dengan Formula Ayam atau Pro Plan Adult dengan Formula Salmon untuk kucing dewasa kesayanganmu. Keduanya dibuat dari daging ayam asli dan salmon asli sebagai bahan baku utama. Tak hanya itu, makanan kucing Pro Plan Adult juga diperkaya Probiotik untuk mendukung kesehatan pencernaan serta daya tahan tubuh kucingmu. 

4. Ajak Kucing Untuk Melakukan Aktivitas Fisik

Cara membuat berat badan kucing tetap ideal lainnya adalah mengajaknya untuk tetap aktif. Misalnya, mengajaknya bermain di dalam maupun di luar rumah. Menurut International Veterinary Information Service, durasi ideal kucing yang bermain setidaknya 10 menit dalam sehari. Mainan interaktif seperti lampu laser dan mainan kucing dengan tali akan memikat kucing untuk ikut bermain. Pilih laser dengan lampu putih dan hindari mengarahkan laser warna merah pada mata kucing karena dapat merusak mata kucing kesayangan PetLovers.
Selain itu, adanya media untuk memanjat juga merupakan cara yang menyenangkan untuk kucing beraktivitas fisik. Pertimbangkan juga untuk membuat area luar ruangan yang tertutup. Jadi, kucing PetLovers memiliki tempat untuk mengamati alam bebas dengan aman.

Demikianlah beberapa hal yang bisa PetLovers coba sebagai cara membuat kucing gemuk secara sehat sehingga berat badannya tetap ideal. Selain memberikan makanan kucing sesuai takaran saji yang direkomendasikan, pantau berat badan kucing secara berkala setidaknya enam bulan sekali untuk mengecek kondisi kesehatan tubuhnya secara umum. Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter hewan untuk memperoleh informasi lebih lanjut, ya. Selamat mencoba!