Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

4 Cara Membantu Kucing Melahirkan di Rumah

Memasuki usia 9 minggu kebuntingan, kucing umumnya sudah memperlihatkan tanda-tanda akan melahirkan. Apakah ini pertama kalinya PetLovers membantu kucing melahirkan di rumah? Yuk, simak tipsnya!

Tanda Kucing akan Melahirkan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dari 700 kucing yang berkembang biak, hanya sebanyak 2,3 persen yang berhasil melewati persalinan secara normal. Sisanya mengalami kesulitan saat melahirkan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi PetLovers untuk mengetahui tanda kucing bunting dan perubahan yang muncul, sehingga dapat mengenali masalah dan membantu kucing melahirkan di rumah.

Berikut ini adalah beberapa tanda kucing bunting yang perlu diketahui. Bila kucingmu mengalami hal-hal berikut ini, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Jadi, PetLovers dapat membantu kucing melahirkan di rumah saat waktunya tiba.

1. Adanya Perubahan Fisik 

Perlu PetLovers ketahui bahwa usia kebuntingan kucing adalah sekitar 63-65 hari. Pada minggu pertama dan kedua, mungkin tanda kebuntingan belum terlihat. Namun, setelah memasuki minggu ketiga, akan terlihat warna merah muda pada puting susu. Kemudian, di minggu keempat, puting susu dan perut kucing mulai membesar.

2. Muncul Kebiasaan Baru

Kucing yang bunting mulai terlihat lebih manja dan malas bergerak di minggu kelima dan keenam. Kemudian kucing juga mulai sering buang air kecil akibat berkembangnya ukuran janin. Di minggu kedelapan, kucing akan mulai berkeliling mencari tempat melahirkan.

3. Meningkatnya Nafsu Makan

Di minggu keempat, biasanya nafsu makan kucing yang sedang bunting akan meningkat. Berat badannya pun akan bertambah. Meski demikian, nafsu makan yang meningkat ini juga bisa jadi tanda cacingan saat bunting. Jadi, ada baiknya bila kucing kesayangan PetLovers mengalami kondisi ini, segera periksakan ke dokter hewan.

4. Terjadi Perubahan Suhu Tubuh

Ketika memasuki minggu kesembilan, kucing yang bunting suhu tubuhnya akan mulai turun menjadi sekitar 37.8-38.3 derajat Celsius. Bila kucing kesayangan PetLovers mengalaminya, segera bawa ke dokter hewan untuk memastikan apa saja yang perlu dilakukan untuk menanganinya.

Tips Membantu Kucing Melahirkan

Kucing kesayangan PetLovers sedang bunting dan tengah menunggu masa persalinan? Nah, perhatikanlah hal-hal berikut ini agar PetLovers bisa lebih memahami apa saja yang perlu dilakukan untuk membantu kucing melahirkan di rumah.

1. Pastikan Kucing Mendapat Nutrisi yang Cukup

Kucing bunting membutuhkan beberapa nutrisi penting seperti asupan kalori untuk produksi susu induk, protein untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, lemak untuk mendukung kebutuhan kalori yang tinggi, serta kalsium dan fosfor untuk mendukung pertumbuhan tulang anak kucing dan produksi susu induk.

Perlu PetLovers ketahui, energi yang dibutuhkan kucing bunting adalah 2-6 kali lebih banyak dari kucing dewasa. Kucing yang sedang bunting juga membutuhkan makanan kucing yang mudah dicerna dan mengandung jumlah kalori yang tinggi namun memiliki jumlah kalori yang lebih banyak. Sehingga, disarankan untuk memberikan makanan padat nutrisi bagi anak kucing pada saat kucing sedang bunting.

Pro Plan Kitten Starter

Pro Plan Kitten Starter terbuat dari daging salmon serta tuna asli sebagai bahan baku utama. Selain itu, PetLovers juga bisa memberikan kucing asupan Pro Plan Wet Kitten Chicken maupun Pro Plan Wet Kitten Salmon yang diformulasi untuk memenuhi kebutuhan anak kucing dari umur 4 minggu hingga 1 tahun. Pro Plan Wet Kitten mengandung DHA untuk perkembangan otak dan mata, serta antioksidan untuk kekebalan tubuh selama masa pertumbuhan anak kucing. Selain untuk anak kucing berusia kurang dari 6 bulan, Pro Plan Kitten Starter juga cocok diberikan kepada induk kucing yang sedang berada dalam masa bunting hingga menyusui. Kamu bisa mendapatkan Pro Plan Kitten Starter dan Pro Plan Wet Kitten untuk kucing bunting kesayanganmu melalui official store Pro Plan di Lazada

2. Sediakan Tempat yang Baik untuk Induk dan Anak Kucing Setelah Lahir

Arahkan kucing yang bunting bersantai di tempat yang telah disiapkan untuk melahirkan. Cobalah membuatnya tenang dan tidak seaktif biasanya. Namun, bila kucing menolak tempat yang telah PetLovers sediakan dan memilih tempat lain, sebaiknya PetLovers tidak mencoba memindahkannya dari tempat yang dipilihnya. Tempat ini akan menjadi lokasi kucing menyusui anaknya nanti setelah lahir.

3. Ketahui Waktu yang Tepat untuk Membawa Kucing ke Dokter

Di minggu kedelapan, sebaiknya PetLovers memeriksakan kucing yang bunting secara rutin ke dokter hewan untuk mengontrol kondisi fetusnya. Momen ini merupakan hal yang penting untuk membantu kucing melahirkan di rumah.

Persalinan kucing biasanya memakan waktu antara 2-5 jam. Pada beberapa kasus bisa memakan waktu hingga 24 jam. Jika kucing tampak mengejan selama satu jam namun tidak ada tanda anak kucing akan keluar, segera hubungi dokter hewan.

4. Cek Kondisi Induk dan Anak Kucing Setelah Lahir

Setelah anak kucing lahir, biarkan induk membersihkan dan menyusui anaknya. Namun, jika anak kucing belum menyusu dari induknya dalam waktu satu jam setelah lahir, PetLovers mungkin perlu memandu anak kucing ke salah satu puting induk sebagai salah satu cara merawat anak kucing baru lahir.
Jika induk kucing terlihat kesulitan merawat anak kucing atau menyusuinya, segera konsultasikan dengan dokter hewan. Bagaimanapun, anak kucing membutuhkan asupan kolostrum dari air susu induk yang kaya akan antibodi untuk melindunginya dari penyakit di minggu-minggu awal kehidupan.

Setelah anak kucing berusia 3-4 minggu, PetLovers bisa mulai memberikan Pro Plan Kitten Starter karena di dalamnya juga mengandung kolostrum. Seperti halnya kolostrum dalam susu induk kucing, kolostrum dalam Pro Plan Kitten Starter juga berperan membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak kucing. Selain kaya nutrisi, yang merupakan salah satu pertimbangan saat memilih makanan anak kucing, kibble Pro Plan Kitten Starter juga mudah dilembutkan dengan air lho, sehingga cocok bagi anak kucing yang sedang belajar makan. Setelah berusia 8 minggu, PetLovers bisa mulai memberikan Pro Plan Kitten Starter tanpa dilembutkan dengan air.

Itulah beberapa hal yang perlu PetLovers perhatikan untuk membantu kucing melahirkan di rumah. Jangan lupa untuk rutin berkonsultasi dengan dokter hewan guna mengetahui cara yang tepat untuk merawat kucing kesayangan PetLovers. Fitur Tanya Ahli juga bisa PetLovers jadikan andalan sebagai media konsultasi mengenai nutrisi yang tepat untuk kucingmu. Semoga induk dan anak kucing kesayanganmu sehat selalu, ya!