Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

4 Ciri-ciri Kucing Sakit yang Perlu PetLovers Tahu

Setelah memasuki usia senior, sangat wajar bila kondisi kesehatan kucing mulai menurun dan rentan sakit. Nah, saat kucing senior sakit, PetLovers bisa melihatnya dari perubahan perilaku. Jadi, ciri-ciri kucing sakit tak hanya dilihat dari muntah, diare, atau suhu tubuh yang meningkat. Bila kucing PetLovers melakukan hal tak biasa atau menunjukkan perilaku ini, bisa jadi ia sedang dalam kondisi tidak sehat dan membutuhkan pertolongan. Yuk, simak penjelasan ciri-ciri kucing sakit berikut!

1. Makan Sangat Banyak atau Tidak Menghabiskan Makanannya

Kucing senior yang merasa tidak enak badan biasanya tidak mau makan. Namun, beberapa penyakit juga dapat menyebabkan nafsu makan meningkat. Nafsu makan yang meningkat dapat disebabkan oleh gangguan endokrin, seperti diabetes atau bahkan hipertiroidisme; atau masalah malabsorpsi nutrisi seperti kanker usus atau penyakit radang usus.

Jika kucing senior kesayanganmu tidak makan dengan benar lebih dari 24 jam, segera cari pertolongan dari dokter hewan. Nafsu makan yang tidak seperti biasanya tersebut bisa jadi ciri-ciri kucing sakit.

2. Sering Tidur

Secara umum, kucing senior memiliki tingkat energi yang rendah, tetapi jika kucing seniormu tingkat aktivitasnya lebih rendah dari biasanya, bisa saja itu merupakan ciri-ciri kucing sakit. Jadi, jika Petlovers menemukan kucing senior kesayangan lebih banyak tidur daripada biasanya dan kehilangan minat untuk bermain, Petlovers perlu mendatangi dokter hewan untuk tahu keadaan dari kucing kesayangan.

3. Enggan Didekati

Kucing senior yang tiba-tiba enggan didekati dan lebih suka bersembunyi bisa menjadi salah satu ciri-ciri kucing sakit. Bersembunyi dapat dikaitkan dengan semua jenis penyakit kucing dan bisa juga menjadi tanda cedera, stres, kecemasan, atau ketakutan. 

Setiap kucing memang perlu istirahat dan terkadang memilih sendiri. Tetapi, jika kucing senior PetLovers mulai memiliki kebiasaan bersembunyi dalam jangka waktu yang lama —terutama jika ada perubahan dalam kebiasaan makan dan minum serta perilaku lainnya— inilah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter hewan. Dengan begitu, PetLovers bisa mengetahui penyakit apa yang diderita oleh kucing senior kesayangan.

4. Self Grooming Secara Berlebihan atau Malas Self Grooming

Kucing senior yang kurang enak badan cenderung tidak merawat dirinya atau self grooming dengan baik. Oleh karena itu, biasanya PetLovers akan melihat rambut yang berantakan atau berminyak, rambut yang kusut, atau gumpalan rambut yang rontok. Dalam beberapa kasus, Petlovers akan melihat perbedaan kilau rambut atau peningkatan jumlah ketombe.

Sementara itu, kucing  senior yang merawat dirinya sendiri secara berlebihan juga bisa menjadi ciri-ciri kucing sakit. Perawatan yang berlebihan mungkin merupakan reaksi terhadap masalah kulit seperti alergi; adanya parasit seperti kutu atau tungau; ataupun munculnya nyeri seperti yang disebabkan oleh artritis; masalah kandung kemih; atau respons terhadap stres. Jika aktivitas tersebut mulai meresahkan, Petlovers perlu mendatangi dokter hewan untuk bisa berkonsultasi lebih lanjut.

Sembari berkonsultasi pada dokter hewan, pastikan PetLovers tetap menjaga asupan nutrisi optimal untuk kucing seniormu. Misalnya, memberikan Pro Plan Adult Senior 7+ dan Pro Plan Wet Adult 7+.

Pro Plan Adult 7+

Pro Plan Adult 7+ hadir dengan kemasan baru dan formula yang ditingkatkan untuk kucing usia 7 tahun ke atas. Terbuat dari ikan salmon dan tuna asli, formula Pro Plan adult 7+ juga diperkaya dengan probiotik aktif untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mengandung formulasi LONGEVIS yang terbukti secara ilmiah membantu meningkatkan kualitas hidup kucing, sehingga dapat memperpanjang usia kucing senior. Sementara itu,  Pro Plan Wet Adult 7+ mengandung nutrisi dengan formulasi serat inulin, prebiotik, dan antioksidan untuk mendukung kesehatan fungsi organ pada kucing di atas usia 7 tahun. Kamu bisa mendapatkan keduanya di official store Pro Plan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Itu tadi merupakan beberapa ciri-ciri kucing sakit yang bisa PetLovers waspadai pada kucing seniormu. Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter hewan bila menemukan perilaku yang tak biasa pada kucing seniormu, ya. Bila PetLovers memiliki pertanyaan seputar nutrisi yang tepat bagi kucing seniormu, tanyakan pada dokter hewan Pro Plan melalui fitur Tanya Ahli di sini.