Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

4 Fakta Penting Perawatan Kucing Hamil atau Bunting

Kucing Petlovers hamil atau bunting? Itu merupakan kabar yang menyenangkan! Nah, tahukah PetLovers bahwa cara merawat kucing betina yang sedang bunting sangat berbeda dengan kucing dewasa pada umumnya. PetLovers pasti sudah memiliki banyak pertanyaan seputar perawatan kucing bunting di rumah. Yuk, ketahui bagaimana cara merawat kucing hamil atau bunting selengkapnya!

Fakta #1: Bolehkah Kucing Hamil atau Bunting Dimandikan?

PetLovers pasti sudah pernah mendengar beberapa mitos tentang bahaya memandikan kucing yang sedang bunting. Contohnya, memandikan kucing bisa menyebabkan keguguran atau membuat janin tidak berkembang dengan baik. Mitos seperti ini pasti membuat PetLovers merasa cemas dan takut untuk memandikan kucing bunting. Padahal, kucing bunting sebenarnya boleh dimandikan. Memandikan kucing membuatnya lebih bersih dan sehat, karena terbebas dari kotoran dan kutu.

PetLovers bisa melakukan dua cara mandi untuk perawatan kucing hamil atau bunting, yaitu:

  • Mandi kering, yaitu mandi dengan mengelap rambut kucing menggunakan handuk. Cara mandi ini bisa dilakukan pada kucing yang sebentar lagi akan melahirkan.
  • Mandi basah, yaitu mandi dengan menggunakan air yang mengalir. Cara mandi ini cocok dilakukan kepada kucing yang usia kebuntingannya masih muda. Namun, PetLovers wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan ya, sebab mandi basah rentan menyebabkan kucing stres dan menimbulkan kontraksi.

Fakta #2: Apakah Kucing Hamil atau Bunting Boleh diberi Obat?

Hal ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan. Memberikan obat oles seperti obat kutu, obat telan seperti obat cacing, juga vaksin kepada kucing yang sedang bunting harus sesuai dengan anjuran dokter hewan. Perlu PetLovers ketahui bahwa penyakit kutu dan cacing yang dialami oleh induk kucing bisa diturunkan kepada anak-anaknya. Jadi, lakukanlah pengobatan sesuai rekomendasi dokter hewan, ya. 

Fakta #3: Apa Makanan yang Tepat untuk Kucing Hamil atau Bunting?

Kucing bunting cenderung memiliki nafsu makan yang lebih banyak dari kucing dewasa pada umumnya. Hal ini dikarenakan kucingmu membutuhkan protein dan energi yang lebih tinggi untuk perkembangan janin di dalam kandungannya.

Jenis makanan kucing yang cocok untuk kucing bunting adalah makanan anak kucing (kitten). Kenapa? Makanan anak kucing (kitten) memiliki lebih banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan kucing bunting, salah satunya kolostrum. Oleh sebab itu, Pro Plan Kitten Starter, Pro Plan Wet Kitten Chicken, dan Pro Plan Wet Kitten Salmon cocok diberikan kepada kucing yang sedang hamil atau bunting.

Pro Plan Kitten Starter terbuat dari daging salmon dan tuna asli sebagai bahan baku utamanya. Kandungan kolostrum di dalamnya membantu mendukung perkembangan sistem imun kucing yang sedang bunting. Nutrisi penting seperti protein 43% juga baik untuk perkembangan janin kucing bunting yang menurut AAFCO (The Association of American Feed Control Officials) membutuhkan minimal 30% protein.

Pro Plan Kitten Starter

Nah, untuk Pro Plan Wet Kitten Chicken dan Pro Plan Wet Kitten Salmon, kandungan DHA di dalamnya amat baik untuk mendukung kesehatan tubuh kucing. Kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat menjaga kekebalan tubuh kucing selama masa kebuntingan. Kamu bisa mendapatkan produk Pro Plan Kitten ini di Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Fakta #4: Adakah Makanan yang Perlu Dihindari Kucing Hamil atau Bunting?

Kucing yang sedang bunting membutuhkan banyak asupan nutrisi, sehingga makanan apapun, baik makanan kucing dalam kemasan berbentuk kering maupun basah, bisa diberikan kepada kucing kesayangan. Meski begitu, PetLovers perlu tahu kondisi kesehatan pencernaan kucing kesayangan. Apabila kucing PetLovers memiliki perut yang sensitif, kamu perlu memberikan makanan kucing yang sesuai dengan anjuran dari dokter hewan.

Nah, sudahkan berbagai penjelasan menjawab pertanyaan PetLovers tentang cara merawat kucing hamil atau bunting? Semoga informasinya membantu, ya. PetLovers juga bisa berkonsultasi mengenai apa makanan kucing yang tepat melalui fitur Tanya Ahli di sini.