Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

4 Penyebab Kucing Mencret dan Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

PetLovers, saat kucingmu diare, tentu ia akan merasa tidak nyaman bahkan rentan lemas hingga dehidrasi. Oleh sebab itu, ayo kenali penyebab kucing mencret atau diare dan pertolongan pertama yang bisa PetLovers lakukan.

Penyebab Kucing Mencret

1. Perubahan Pola Makan

Perubahan pola makan yang diberikan kepada kucing kesayangan bisa menjadi salah satu penyebab kucing mencret. Misalnya, saat PetLovers sedang memberikan makanan baru secara tiba-tiba, tanpa melakukan masa transisi pada kucing. Selain itu, satu atau lebih bahan baku dalam makanan baru mungkin tidak cocok dengan kucing Petlovers.

2. Alergi Makanan

Kucing juga bisa memiliki alergi terhadap makanan. Meskipun tidak terlalu umum, beberapa kucing mungkin alergi terhadap kandungan protein. PetLovers bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai hal ini.

3. Keracunan Makanan

Hati-hati, asupan yang tidak tepat juga bisa jadi penyebab kucing mencret. Mulai dari makanan atau camilan yang kedaluwarsa hingga makanan manusia yang beracun bagi kucing. Beberapa makanan manusia yang bisa membuat kucing keracunan adalah cokelat, bawang-bawangan, hingga telur mentah.

4. Virus

Penyebab kucing mencret berikutnya adalah infeksi yang disebabkan oleh virus seperti Feline Panleukopenia Virus (FPV) dan virus leukemia. Selain itu, bakteri seperti Salmonella dan Campylobacter serta parasit seperti Giardia, Tritrichomonas dan Coccidian juga bisa jadi penyebab diare.

Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Nah PetLovers, setelah mengetahui penyebab kucing mencret, berikut ini adalah pertolongan pertama yang dapat dilakukan :

  • Berikan Asupan Air

Kucing dengan diare perlu minum air dalam jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Isi mangkuk air kucing kesayangan dengan air bersih dan pertimbangkan untuk menambahkan mangkuk ekstra yang berisi kaldu ayam atau sapi yang diencerkan. Pastikan kucing PetLovers meminum kuah kaldu segera setelah disajikan mengingat kaldunya mudah terkontaminasi bakteri bila tidak segera diminum.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan asupan air kucing adalah mengalihkannya dari makanan kering ke makanan basah. Untuk memulainya, PetLovers memberikan kucing kesayangan makanan kucing yang basah (wet food) dulu. Kemudian sebagai variasi, PetLovers juga dapat mencampurkan satu atau dua sendok makan air hangat ke dalam makanan basahnya .

  • Makanan Kucing yang Mengandung Probiotik Aktif

Populasi bakteri sehat dalam saluran usus kucing nyatanya juga diperlukan untuk menjaga kesehatan pencernaan tetap terjaga. Terkadang, ketika gangguan pencernaan muncul, diare pada kucing akan berlanjut bahkan setelah gangguan awal seperti stres telah teratasi. Oleh karena itu, PetLovers bisa memberikan makanan kucing yang mengandung probiotik untuk mengembalikan populasi bakteri baik dalam usus kucing, sehingga kesehatan pencernaan kembali normal. Misalnya, memberikan Pro Plan Sensitive Skin & Stomach dan Pro Plan Wet Sensitive.

Pro Plan Sensitive Skin & Stomach

Pro Plan Sensitive Skin & Stomach kini hadir dengan kemasan baru dan formula yang ditingkatkan bagi kucing dewasa dengan pencernaan serta kulit yang sensitif. Tak hanya dibuat dari ikan salmon dan tuna asli, Pro Plan Sensitive Skin & Stomach juga diperkaya probiotik aktif yang baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Bahan baku yang digunakan berkualitas tinggi dan mudah dicerna, sehingga tidak memperberat kerja usus. Selain itu, bentuk kibble-nya yang lebih bervariasi juga memberikan tekstur dan membantu membersihkan plak pada gigi, serta meningkatkan selera makan kucing kesayanganmu. 

Bila PetLovers memilih makanan basah untuk meningkatkan asupan air pada kucingmu, kamu bisa memberikan Pro Plan Wet Sensitive. Pro Plan Wet Sensitive dengan kadar air 80% dibuat dari bahan baku berkualitas tinggi dengan tingkat kecernaan tinggi yang dapat membantu kucing berperut sensitif seperti kucingmu untuk mendapatkan nutrisi optimal. Kamu bisa mendapatkan kedua varian produk ini di official store Pro Plan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Demikianlah beberapa hal yang bisa jadi penyebab kucing mencret. Setelah mengetahuinya, PetLovers kini bisa lebih menjaga kucing kesayangan agar terhindar dari penyakit diare dan juga mengetahui cara untuk pertolongan pertama yang bisa dilakukan. Jika diare terjadi dengan frekuensi lebih dari 3 kali dalam 1 hari, segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Bila kamu punya pertanyaan seputar nutrisi yang tepat untuk kesehatan pencernaan kucingmu, silakan bertanya melalui fitur Tanya Ahli di sini.