Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

5 Cara Membuat Berat Badan Anak Kucing Ideal

PetLovers, apakah kamu baru saja menyelamatkan anak kucing dari jalanan dan bingung bagaimana harus memenuhi kebutuhan nutrisinya? Anak kucing yang berjuang hidup di jalan memang rentan mengalami kurang gizi dan menjadi kurus. Namun, PetLovers tidak perlu khawatir jika mengadopsi kucing jalanan yang kekurangan gizi. Karena ada beberapa cara membuat kucing gemuk yang bisa kamu lakukan untuk memastikan anak kucingmu tetap sehat dan memiliki berat badan yang ideal!

Yuk, Cari Tahu Kondisi Tubuh Anak Kucingmu!

Untuk mengetahui apakah anak kucingmu sudah memiliki berat badan yang ideal, PetLovers perlu melakukan pengecekan Body Condition System (BCS) untuk mengetahui apakah anak kucingmu termasuk dalam kategori underweight (kurus) atau tidak. 

Kondisi tubuh kucing kurusKondisi tubuh kucing ideal dan obesitas

Dari kiri ke kanan: sangat kurus, sedikit kurus, berat badan ideal, kegemukan, obesitas 

 

Perlu diketahui, untuk mendapatkan hasil yang akurat, pengecekan tersebut harus dilakukan oleh dokter hewan. Namun, sebagai gambaran, kucing yang masuk ke dalam kategori kurus menurut BCS memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tulang sangat mudah teraba;
  2. Tidak teraba adanya lemak atau otot; dan
  3. Tampak jelas bagian-bagian tubuh tidak terdapat lemak tubuh.

Jadi, jika anak kucing kesayangan PetLovers terdapat tanda-tanda tersebut, artinya sudah waktunya PetLovers untuk membawanya ke dokter hewan dan berkonsultasi tentang makanan penggemuk kucing atau makanan kucing yang bikin gemuk terbaik dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Tips Menaikan Berat Badan Anak Kucing

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cara membuat kucing gemuk juga tidak sembarangan atau asal naik berat badannya, PetLovers. Ada beberapa hal yang perlu PetLovers lakukan untuk membuat berat badan kucing naik dan tetap sehat, yakni sebagai berikut:

1. Berikan Makanan Khusus Anak Kucing

Cara membuat kucing gemuk secara sehat yang pertama adalah memberikan makanan khusus untuk anak kucing. Makanan anak kucing berbeda dengan kucing dewasa, karena kebutuhan nutrisi mereka memang tidak sama. Anak kucing membutuhkan protein yang lebih tinggi untuk menunjang pertumbuhan dan sebagai sumber energinya. Selain itu, anak kucing juga membutuhkan kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, serta DHA yang membantu mendukung perkembangan otak serta mata.

Tak hanya itu, tekstur makanan juga perlu menjadi pertimbangan PetLovers. Untuk anak kucing yang baru belajar makan  lebih cocok diberikan makanan basah atau makanan kering yang dilembekkan (moistened dry kibble) karena giginya masih belum terlalu kuat. Bila memberikan makanan kering, PetLovers perlu memastikan makanannya diperuntukkan khusus bagi anak kucing dan kibble-nya mudah dilembutkan.

2. Buatkan Jadwal Makanan

Supaya makin teratur dalam memberikan asupan untuk anak kucing kesayangan, PetLovers bisa membuat jadwal makan. Jika PetLovers bisa mentaati dengan baik jadwal tersebut, momen makan ini juga bisa menjadi waktu yang baik untuk membangun keakraban dengan anak kucing. Mulailah membuat jadwal dan berikan anak kucing makan di waktu yang sama setiap hari.

3. Sesuaikan Porsi Makan dengan Berat Badan

Untuk memudahkan PetLovers, ada tabel makanan pada bagian belakang kemasan yang bisa menjadi acuanmu saat memberikan makanan pada anak kucing kesayangan berdasarkan usia dan berat badan, agar tidak kurang dan tidak berlebihan.

4. Bagi Makanan dalam Porsi Kecil

Jika kucing kesayangan PetLovers memiliki masalah dalam menghabiskan makanannya, kamu bisa membaginya dalam porsi kecil sesuai dengan jumlah kebutuhan makanan di hari itu. Misalnya, saat anak kucing membutuhkan +60gr makanan sehari, kamu bisa membaginya menjadi 3-4 kali makan. Sebaiknya PetLovers tidak memaksakan anak kucing untuk menghabiskan makanannya bila ia sudah cukup kenyang, agar momen makan tetap menjadi momen favoritnya dan bisa menjadi cara membuat kucing gemuk dan tetap sehat.

5. Ajak Kucing untuk Beraktivitas

Kegiatan ini dapat membuat kucing menjadi tetap lincah dan aktif. PetLovers bisa memberikan mainan yang bisa menstimulus mobilitas anak kucing. Dengan demikian, cara membuat kucing gemuk dapat dilakukan secara optimal karena berat badannya naik namun tetap sehat dan ideal.

Nah, itulah tadi kiat-kiat yang PetLovers bisa lakukan sebagai cara membuat kucing gemuk namun tetap ideal berat badannya. Seperti yang disebutkan di atas, PetLovers jangan lupa bahwa kebutuhan nutrisi anak kucing, terutama proteinnya, harus terpenuhi dengan baik saat menerapkan tips atau cara membuat kucing gemuk. Oleh karena itu, pilihan makanannya pun harus tepat, seperti Pro Plan.

 

kitten starter BaruKitten starter salmon pro plan wet kitten chickenpro plan wet kittec salmon

Pro Plan memiliki 2 produk makanan kering dan 2 produk makanan basah yang diperuntukkan bagi anak kucing, yaitu Pro Plan Kitten Starter, Pro Plan Kitten, Pro Plan Wet Kitten Chicken, dan Pro Plan Wet Kitten Salmon. Pro Plan Kitten Starter diformulasikan untuk anak kucing usia hingga 6 bulan. Terbuat dari daging salmon serta tuna asli sebagai bahan baku utama, dan memiliki bentuk kibble yang mudah dilembutkan dengan air. Pro Plan Kitten Starter juga diperkaya kolostrum untuk membantu perkembangan sistem imun tubuh pada anak kucing, serta nutrisi penting lain untuk mendukung pertumbuhannya, seperti protein tinggi untuk mendukung pertumbuhan, kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta DHA untuk perkembangan mata dan otak.

Sedangkan, Pro Plan Kitten yang kini hadir dengan kemasan baru dan formula yang ditingkatkan, terbuat dari daging ayam asli dan diperkaya dengan kolostrum dan nutrisi lainnya untuk anak kucing berusia hingga 12 bulan. Pro Plan Kitten mudah dilembutkan sehingga bisa diberikan untuk anak kucing yang baru belajar makan makanan padat.

Nah, Pro Plan Wet Kitten merupakan makanan basah yang diperkaya nutrisi esensial untuk mendukung kesehatan tulang, gigi, dan pertumbuhan otot anak kucing. Pro Plan Wet Kitten hadir dalam varian Salmon dan Chicken yang terbuat dari daging salmon atau ayam asli.

PetLovers bisa mendapatkan seluruh varian produk Pro Plan bagi anak kucing di LazadaShopee, dan Tokopedia. Semoga informasinya membantu!