Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

7 Penyebab Mata Kucing Berair

Ketika anak kucing mengeluarkan air mata, PetLovers mungkin khawatir. Apakah mata kucing berair adalah pertanda kucingmu mengalami gangguan kesehatan atau ini adalah hal yang normal? PetLovers bisa mengetahuinya dari hal-hal berikut!

Penyebab Mata Kucing Berair

PetLovers perlu mengetahui berbagai penyebab mata kucing berair agar bisa meminimalisir anak kucing kesayangan mengalaminya. Berikut penjelasannya!

1. Genetik

Mata berair pada anak kucing juga bisa disebabkan oleh faktor anatomi. Ras kucing berhidung pesek seperti kucing Persia, Himalayan, dan Exotic Shorthair memiliki mata yang berair karena punya hidung yang pesek, sehingga air mata tidak dapat dibuang secara normal melalui saluran yang menghubungkan mata dan hidung.

2. Iritasi Mata

Iritasi juga bisa menyebabkan mata kucing berair. Usahakan agar anak kucing terhindar dari aktivitas yang dapat melukai area matanya, sehingga terhindar dari iritasi.

3. Infeksi bakteri dan Cacingan

Konjungtivitis pada kucing disebabkan oleh bakteri Chlamydophila felis atau Chlamydia dan menyerang mata serta saluran pernapasan bagian atas (hidung atau tenggorokan). Jika tak segera diobati maka akan menyebar ke paru-paru. Selain itu, mata anak kucing yang terlihat berair dan matanya sulit terbuka bisa disebabkan oleh cacing mata Thelazia californiensis dan Thelazia callipaeda. Keduanya merupakan parasit yang ditemukan pada kucing dan menyerang saluran air mata serta saluran konjungtiva di bawah kelopak mata. Lalat kotoran atau lalat rumah biasanya menjadi inang perantara dan menyimpan larva cacing mata ini.

4. Infeksi Pernapasan

Penyebab umum kotoran mata pada anak kucing adalah infeksi saluran pernapasan atas. Ini bisa terjadi karena infeksi virus seperti feline calicivirus, penyakit pernapasan menular, pneumonitis atau rinotrakheitis (virus herpes), bakteri, dan protozoa. Gejalanya bisa ringan dan berkembang menjadi sesuatu yang sangat serius, dan mungkin termasuk keluarnya cairan mata yang lengket dan bernanah.

5. Alergi

Selain karena saluran air mata yang tersumbat atau produksi air mata yang berlebihan, ternyata mata kucing berair juga bisa disebabkan oleh alergi yang ditandai dengan anak kucing bersin dan terlihat mengusap-usap matanya karena gatal. Konsultasikan dengan dokter hewan mengenai apa yang perlu dilakukan bila memang penyebabnya adalah alergi.

6. Kontak dengan Benda Asing

Mata kucing berair juga bisa disebabkan oleh masuknya benda asing ke dalam mata, misalnya benda tajam atau debu. Jadi, sebisa mungkin hindari anak kucing dari penyebab infeksi mata ini.

7. Tercakar Saudaranya Saat Bermain

Saat bermain dengan saudaranya, bisa saja mata anak kucing terluka hingga infeksi dan berair. Jangan lupa juga untuk secara rutin melakukan grooming agar kuku anak kucing tidak membahayakan saudaranya.

Tips Mengatasi Mata Kucing yang Berair

Bila anak kucing terlanjur mengalami kondisi mata yang berair, PetLovers bisa melakukan hal-hal berikut ini sebagai pertolongan pertama di rumah.

1. Bersihkan Mata Anak Kucing Secara Rutin

PetLovers bisa membersihkan mata dan lipatan daerah mata secara rutin setidaknya 2-3 kali sehari menggunakan kapas dan air hangat. Hindari obat tetes atau pencuci yang dijual bebas, kecuali dokter hewan yang meresepkannya.

2. Jaga Lingkungan Tetap Bersih

Usahakan lingkungan sekitar tempat tinggal anak kucing selalu bersih dan rapi. Bagaimanapun juga, mata kucing berair bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau debu. Hal ini untuk menjaga agar kondisi mata anak kucing tidak terlalu parah.

3. Berikan Nutrisi yang Tepat

Untuk meminimalkan gangguan kesehatan yang menyebabkan mata kucing berair, PetLovers perlu memberikan anak kucing makanan dengan kolostrum untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Misalnya, Pro Plan Kitten Starter.

Pro Plan Kitten Starter yang diformulasikan sebagai makanan untuk anak kucing mulai usia 3-5 minggu hingga 6 bulan terbuat dari daging salmon dan tuna asli sebagai bahan baku utamanya. Selain mudah dilembutkan dengan air, Pro Plan Kitten Starter juga diperkaya kolostrum yang membantu perkembangan sistem imun tubuh pada anak kucing serta nutrisi penting lain untuk mendukung pertumbuhannya, seperti kandungan DHA yang dapat menunjang perkembangan mata dan otak. Kamu bisa mendapatkan Pro Plan Kitten Starter di official store Pro Plan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia.
 

Pro Plan Kitten Starter

Demikianlah beberapa penyebab mata kucing berair dan tips untuk mengatasinya. Kini PetLovers telah mengetahui dan bisa lebih menjaga anak kucing agar terhindar dari kondisi gangguan kesehatan pada matanya. Supaya anak kucing kesayanganmu tetap mendapat nutrisi yang cukup meski matanya tengah berair, kamu bisa konsultasi mengenai nutrisinya melalui fitur Tanya Ahli di sini. Semoga kondisi anak kucingmu segera membaik!