Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Ask PRO PLAN: Mengatasi Infeksi Saluran Pernapasan Pada Kucing

 

Halo, drh. Tika. Dok, kitten saya sudah lama pilek. Kalo denger napasnya suka ada suara mirip anak kecil lagi pilek. Enaknya dikasih obat apa ya, Dok? Saat ini kitten saya baru berusia 5 bulan.

Krisna Setya Oktaviana via Fan Page PRO PLAN Indonesia

Jawaban:

Penyebab Infeksi Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan pada kucing umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Selain itu, fungal atau jamur juga bisa menyebabkan infeksi di bagian saluran pernapasan.

Penularan terjadi akibat adanya kontak dengan kucing yang sakit atau benda-benda yang sudah terkontaminasi lewat air liur, mata maupun hidung kucing yang sedang sakit. 

Gejala yang Muncul

Bagaimana dengan gejala yang muncul akibat infeksi ini? Biasanya kucing akan demam, tidak nafsu makan, lemas, bersin, terdapat leleran (discharge) hidung, dan mata berair atau belekan. ika terjadi penyumbatan pada saluran pernapasan  (terutama pada hidung) maka  kucing akan terlihat kesulitan bernapas dan biasanya memilih bernapas melalui mulut. Beberapa kasus dapat berakibat fatal dan menyebabkan kematian.

Cara Penyembuhan

Pengobatan yang dilakukan umumnya bersifat symptomatically (berdasaran gejala yang muncul). Jika terdapat kontak mata, biasanya diberikan obat mata topikal berupa tetes ataupun salep. Pada kasus infeksi saluran pernapasan yang penyebab utamanya adalah bakteri, maka akan diberikan antibiotik yang spesifik. Jika terjadi penyumbatan pada saluran nafas maka terapi menggunakan nebulizer sangat dibutuhkan.

PetLovers bisa melakukan perawatan dengan rutin membersihkan area mata, hidung dan mulut. Pemberian makanan lunak yang mudah dicerna serta aroma yang kuat akan merangsang nafsu makan kucing PetLovers. Pemberian vitamin nafsu makan juga terkadang sangat dibutuhkan. Jika kondisi kucing PetLovers sudah lemah dan penyakitnya bertambah parah maka sebaiknya kucing dirawat inap agar mendapat treatment intensif berupa pemberian cairan infus dan treatment lain yang dibutuhkan. Hindari pemberian obat flu manusia kepada kucing terutama obat yang mengandung paracetamol/acetaminophen. Hal tersebut dapat membahayakan kucing PetLovers.

Narasumber: drh. Tika L. Putri, praktik di RS Hewan Ragunan, Jakarta Selatan.

Pustaka:

Barr, SC & Bowman DD. 2011. Blakwell’s Five-Minute Veterinary Consult Clinical Companion: Canine and Feline Infectious Diseases and Parasitology 2nd Ed. Wiley-Blackwell.

Gough, A & Murphy, K. 2015. Differential Diagnosis in Small Animal Medicine 2nd Ed. Wiley- Blackwell.

Yuill, C. Feline Upper Respiratory Infection. www.vcahospitals.com.