Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih pada Kucing? Cek 4 Hal Berikut!

Tahukah PetLovers? Salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami kucing adalah infeksi saluran kemih. Nah, supaya kucing kesayanganmu tetap sehat dan terhindar dari gangguan kesehatan satu ini, PetLovers perlu mengenali lebih jauh penyebab dan cara mencegahnya. Salah satu hal yang bisa diperhatikan adalah makanan kucing yang bagus untuk kesehatan saluran kemih.

Penyebab Kucing Mengalami Infeksi Saluran Kemih

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat menyebabkan kucing kesayangan PetLovers mengalami infeksi saluran kemih. Jangan sampai kucing PetLovers mengalaminya, ya.

  • Kebutuhan Cairan Tidak Tercukupi

Setiap kucing punya cara masing-masing untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Meski begitu, kucing memiliki kecenderungan tidak dapat memenuhi kebutuhan cairannya secara optimal. Bila dilihat dari sejarahnya, kucing awalnya tinggal di gurun, sehingga secara genetik, rangsangan rasa hausnya rendah. Hal ini tetap bertahan meski kini kucing sudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Selain faktor genetik, kucing juga memiliki keterbatasan dalam melihat air yang tenang. Hal ini lah yang membuat kucing PetLovers berpotensi mengalami dehidrasi dan meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. 

  • Obesitas

Makanan kucing yang bagus akan memberikan efek positif apabila diberikan dengan porsi yang tepat, sesuai jenis dan berat badannya. Sayangnya, pemberian makanan yang berlebih dan tidak diimbangi aktivitas fisik juga bisa membuat kucing mengalami obesitas. Ketika kucing mengalami obesitas, risiko mengalami berbagai gangguan kesehatan pun meningkat. Salah satunya infeksi saluran kemih karena kucing obesitas kesulitan untuk membersihkan area kemaluannya.

Cara mencegah Infeksi Saluran Kemih pada Kucing Kesayangan

Agar kucing kesayangan PetLovers terhindar dari risiko infeksi saluran kemih, ayo lakukan beberapa cara berikut ini:

  • Penuhi Kebutuhan Cairannya

Mengingat kucing punya rangsangan haus yang rendah, PetLovers perlu melakukan berbagai trik untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Caranya, sediakan mangkuk minum di beberapa tempat di rumah yang sering dilewati kucing kesayangan. Kamu juga bisa menyediakan drinking fountain di tempat yang mudah dijangkau. Hal ini secara tidak langsung mempermudah kucing kesayangan PetLovers untuk sering minum dan terhindar dari infeksi saluran kemih.

  • Berikan Wet Food (Makanan Basah)

Selain dari air minum, PetLovers juga bisa membantu kucing untuk memenuhi kebutuhan cairan harian yang diperlukan melalui makanan basah. Pastikan PetLovers juga memberikan makanan kucing yang bagus untuk kesehatan saluran kemih, seperti Pro Plan Urinary Tract Health.

Pro Plan Urinary Tract Health

Pro Plan Urinary Tract Health merupakan makanan basah untuk kucing dengan kadar air 80% yang mengandung asam lemak omega 3 untuk membantu melindungi saluran kemih dari peradangan; serat inulin untuk mendukung penyerapan nutrisi yang unggul; dan diformulasikan untuk meningkatkan kemampuan penyerapan air dalam tubuh kucing demi menjaga kesehatan saluran kemihnya. Tak hanya itu, Pro Plan Urinary Tract Health juga dikemas dalam ukuran yang pas untuk 1 porsi makan bagi kucing dengan berat badan 1,2 kg. Nah, kalau kucingmu punya berat badan 4 kg, PetLovers bisa memberikan ini makanan kucing yang bagus ini sebanyak 3,5 pouch untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. 

Nah, itu dia informasi seputar risiko dan pencegahan infeksi saluran kemih pada kucing dari makanannya. PetLovers juga bisa bertanya melalui fitur Tanya Ahli di sini untuk mendapatkan informasi tentang makanan kucing yang bagus untuk kesehatan saluran kemihnya. Jangan lupa untuk mendapatkan makanan kucing yang bagus seperti Pro Plan Urinary Tract Health di official shop Purina di Lazada, Shopee, dan Tokopedia, ya.