Dry Food VS Wet Food: Mana Makanan Kucing Terbaik yang Sebaiknya Dipilih?

PetLovers, pernahkah kamu bingung ketika akan membelikan makanan untuk anak kucing kesayangan? Beberapa PetLovers mungkin lebih suka memberikan makanan kering atau dry food, dan sebagian lagi memilih untuk memberikan makanan basah atau wet food. Nah, untuk mengetahui mana makanan kucing terbaik yang sebaiknya dipilih untuk anak kucing kesayangan, PetLovers perlu tahu perbedaan di antara kedua makanan tersebut. Yuk, simak penjelasannya.

1. Wet food atau Makanan Basah

Makanan basah biasanya dimasak pada suhu tinggi untuk sterilisasi, sehingga akan tahan lama disimpan apabila kemasan belum dibuka. Apabila sudah dibuka, tentu harus disimpan dengan rapi dan segera dihabiskan dalam satu kali pemberian. Nah, berikut ini adalah kelebihan dari makanan basah untuk anak kucing yang PetLovers perlu ketahui:

  • Mudah Dikunyah

Makanan basah yang bertekstur lunak sehingga mudah dikunyah bisa menjadi salah satu pilihan untuk PetLovers saat memberikan makanan pada anak kucing. Saat anak kucing baru mulai disapih dari induknya dan belajar mengonsumsi makanan pendamping air susu, jenis asupan ini bisa jadi makanan kucing terbaik yang disajikan.

  • Membantu Memenuhi Kebutuhan Air 

Anak kucing mendapatkan asupan air dari air susu induknya. Saat masuk ke tahapan usia sapih, anak kucing perlu diperhatikan asupan minumnya. Perlu PetLovers ketahui, jumlah kebutuhan air untuk anak kucing bervariasi tergantung berat badannya. Di sisi lain, anak kucing memiliki rangsangan haus yang rendah, sehingga jika tidak diperhatikan dengan baik, kebutuhan cairannya bisa tidak terpenuhi. Oleh sebab itu, makanan basah bisa menjadi rekomendasi makanan kucing terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairannya mengingat jenis makanan ini mengandung air hingga 80%.

2. Dry Food atau Makanan Kering

Selain makanan basah, PetLovers juga bisa memberikan makanan kering untuk anak kucing kesayangan. Berikut ini merupakan kelebihan dari makanan kering untuk anak kucing:

  • Lebih Tahan Lama

Berbeda dengan makanan basah yang lebih baik dikonsumsi dalam waktu 30 menit setelah kemasan dibuka, makanan kering bisa bertahan sampai 1 jam di tempat terbuka. Makanan kucing terbaik dalam bentuk kering ini bisa menjadi pilihan bila anak kucingmu punya kebiasaan makan dengan perlahan. Terlebih, makanan kering bisa disimpan dalam wadah kedap udara sehingga memudahkan kucing kesayanganmu untuk makan tepat waktu dan dapat menjaga kesegaran makanannya.

  • Sebagai Makanan Pendamping Air Susu Induk

Mengingat mulai usia 4 minggu anak kucing sudah bisa mulai makan makanan selain air susu induknya, makanan kering juga bisa jadi pilihan makanan kucing terbaik. Hal ini dikarenakan makanan kering bisa dilembutkan dengan air hangat untuk memudahkannya mengunyah. Seiring berjalannya waktu, anak kucingmu pun akan bisa makan makanan kering tanpa dilembutkan.

  • Menjaga Kebersihan Gigi

Tekstur makanan kering bisa membantu anak kucing untuk belajar mengunyah. Selain itu, jenis makanan ini juga dapat membantu mengurangi pembentukan karang gigi atau memperlambat pembentukan plak.

  • Sumber Energi yang Tinggi

Makanan kering mengandung protein dan lemak yang tinggi. Nah, kedua kandungan nutrisi inilah yang nantinya akan digunakan sebagai sumber energi utama anak kucing kesayanganmu.

Pilih Makanan Kering atau Basah untuk Anak Kucingmu?

Baik makanan kering maupun basah memiliki kelebihan masing-masing. Oleh karena itu pemberian keduanya sangat disarankan untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi kesehatan anak kucingmu. Petlovers kini tidak perlu khawatir dan bingung untuk memberikan makanan kucing terbaik untuk anak kucing kesayangan, karena ada Pro Plan Kitten wet food dan dry food yang bisa diberikan secara terpisah maupun dikombinasikan. Kandungan DHA di dalam Pro Plan Kitten dapat mendukung perkembangan otak dan mata anak kucing. Antioksidan di dalamnya juga dapat memberikan kekebalan tubuh selama masa pertumbuhan.

Tak hanya itu, Pro Plan Kitten varian dry food juga dibuat dari daging ayam asli sebagai bahan baku utama. Pro Plan Kitten dry food juga diperkaya kolostrum yang merupakan nutrisi untuk perkembangan sekaligus membantu memperkuat imunitas anak kucing kesayangan PetLovers.
Pro Plan Kitten Dry & Wet Food

Nah, untuk mengetahui mana makanan kucing terbaik yang sebaiknya dipilih, PetLovers juga bisa berkonsultasi melalui fitur Tanya Ahli di sini untuk mendapatkan informasi tentang nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan usia kucing. Untuk mendapatkan Pro Plan Kitten dry food maupun wet food untuk kucing kesayanganmu, Petlovers bisa menemukannya di official shop Purina di Lazada, Shopee, dan Tokopedia.