Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Hati-hati, Ini 4 Makanan untuk Kucing yang Perlu Dihindari!

Kucing kesayanganmu di rumah sangat mungkin tak sengaja menelan makanan manusia. Sayangnya, tak semua makanan tersebut aman baginya. Ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu keracunan pada kucing. Yuk, kenali apa saja bahan makanan tersebut sebelum kita cari tahu cara mengobati kucing keracunan. 

Makanan yang Menyebabkan Keracunan

Beberapa jenis makanan kesukaan PetLovers ini bisa mengganggu kesehatan kucingmu dan menyebabkan keracunan. Jadi, hati-hati saat menyimpannya, ya.

1. Cokelat dan Susu

Cokelat dan susu merupakan bahan makanan yang umum ada di rumah dan dikonsumsi hampir seluruh anggota keluarga. Sayangnya, cokelat dan susu bukanlah makanan kucing yang aman dikonsumsi. Justru, bisa memberikan efek berbahaya. Kenapa?

Secara alami, cokelat mengandung zat teobromina yang dapat mengakibatkan irama jantung tidak normal, tremor, kejang, hingga kematian, sementara susu dan produk turunannya mengandung laktosa. Faktanya, kucing umumnya memiliki intoleransi laktosa, yaitu kondisi saat tubuhnya tidak dapat mencerna laktosa dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan kucing mengalami gangguan sistem pencernaan seperti diare.

2. Bawang-bawangan

Bawang dalam segala bentuk, baik mentah, dimasak, atau bubuk dapat memecah sel darah merah kucing yang kemudian menyebabkannya mengalami anemia. Sebisa mungkin jauhkan kucing kesayangan PetLovers dari bahan makanan yang mengandung bawang-bawangan. Termasuk juga daun bawang yang juga dapat menyebabkan masalah kesehatan.

3. Anggur dan Kismis

Makan anggur dan kismis mungkin lezat bagi PetLovers. Sayangnya, saat mencicipi kedua makanan ini, kucingmu dapat berpotensi muntah dan hiperaktif. Konsumsi anggur dan kismis dalam jumlah besar juga bisa berisiko menyebabkan gagal ginjal pada kucing.

4. Telur mentah

Bila kucing PetLovers mengonsumsi telur mentah, ada dua risiko kesehatan yang perlu dihadapi. Pertama, kucingmu sangat mungkin terinfeksi bakteri Salmonella atau E. coli yang terdapat dalam telur mentah. Kedua, kandungan protein dalam putih telur dapat mengganggu penyerapan vitamin B pada tubuh kucing. Hal ini berisiko mengganggu kesehatan kulit dan rambutnya.

Ciri Kucing Keracunan Makanan

Tanda kucing keracunan sangat bervariasi dan tergantung pada kandungan yang terdapat pada makanan yang kucingmu telan. Namun, ciri umum yang terjadi saat kucingmu keracunan adalah muntah dan diare. 

Beberapa ciri lain saat kucing keracunan adalah bengkak atau peradangan pada kulit, batuk hingga gangguan pernapasan, bahkan kejang. Keracunan makanan juga bisa membuat nafsu makan kucingmu menurun, PetLovers. 

Sayangnya, beberapa jenis makanan yang beracun bagi kucing ini bisa memengaruhi lebih dari satu sistem tubuh yang memungkinkan kucingmu menunjukkan lebih dari satu ciri keracunan makanan. Oleh karena itu, jika kucing PetLovers menunjukkan gejala keracunan, lebih baik langsung konsultasikan dengan dokter hewan kesayanganmu untuk mendapatkan cara mengobati kucing keracunan.

Cara Mengobati Kucing Keracunan

Untuk mengetahui cara mengobati kucing keracunan, PetLovers disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan kesayangan. Selain itu, PetLovers sebaiknya mengetahui cara mencegah kasus keracunan terjadi pada kucing kesayanganmu di rumah. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Jadi, ayo simak tipsnya.

1. Jauhkan dari Makanan Penyebab Keracunan

Saat PetLovers memergoki kucing kesayanganmu sedang memakan makanan yang beracun untuknya, segera jauhkan kucingmu dari tempat tersebut. Setelah itu, pastikan untuk menyimpan makanan yang membahayakan kucing jauh dari jangkauannya.

2. Jangan Paksakan untuk Dimuntahkan

Jika kucing sudah terlanjur menunjukkan gejala keracunan, jangan paksakan kucingmu untuk muntah. Memaksakan kucing untuk memuntahkan makanan justru bisa membahayakan kondisi kucing kesayangan PetLovers. Bila memang kucing menunjukkan gejala tertentu, akan lebih baik bila PetLovers berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengatasinya.

3. Berikan Makanan yang Mengandung Probiotik

Saat kucing mengalami keracunan makanan, PetLovers bisa memberikan asupan nutrisi yang mendukung kesehatan saluran pencernaannya. Misalnya, memberikan makanan kucing dengan kandungan prebiotik seperti Pro Plan Adult wet food; serta kandungan probiotik seperti Pro Plan Adult dry food dengan Formula Salmon dan Pro Plan Adult dry food dengan Formula Ayam.

Tahukah, PetLovers? Pro Plan Adult dry food kini hadir dengan kemasan baru dan formula yang ditingkatkan. Pro Plan Adult diformulasikan dari daging ayam juga salmon asli sebagai bahan baku utama dan diperkaya probiotik untuk mendukung kesehatan pencernaan serta daya tahan tubuh kucing kesayanganmu. Dapatkan Pro Plan Adult baru di official store Pro Plan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia. PetLovers juga bisa bertanya pada fitur Tanya Ahli di sini untuk berkonsultasi mengenai makanan kucing terbaik untuk peliharaanmu.

Hati-hati, Ini 4 Makanan untuk Kucing yang Perlu Dihindari!

4. Konsultasikan dengan Dokter Hewan

Selain harus dipisahkan untuk sementara waktu dari hewan lain, kucing yang mengalami keracunan tentunya membutuhkan penanganan medis. Hubungi dokter hewan PetLovers segera untuk mendapatkan anjuran tentang cara mengobati kucing keracunan. Pastikan juga PetLovers tahu kapan, di mana, dan bagaimana keracunan bisa terjadi.

Dengan mengetahui cara mengobati kucing keracunan dan makanan apa yang sebaiknya dihindari, PetLovers bisa lebih melindungi kucing kesayangan dari kemungkinan kucing muntah makanan akibat keracunan. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter hewan bila diperlukan, ya.