Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Hati-hati! Overgrooming Menyebabkan Rambut Kucing Rontok

Untuk mendapatkan rambut kucing yang lembut, mengkilap, dan lebat, PetLovers mungkin perlu rutin melakukan grooming. Sayangnya, overgrooming atau grooming yang terlalu sering justru berdampak negatif terhadap kesehatan kulit dan menjadi salah satu penyebab bulu kucing rontok. Oleh sebab itu, PetLovers perlu tahu seperti apa grooming yang baik untuk kucing kesayangan. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu Overgrooming?

Overgrooming adalah perawatan berlebihan yang terjadi pada kucing kesayangan dan bisa menjadi penyebab bulu kucing rontok atau kulitnya luka. Nah, ini bisa terjadi karena dua faktor, yaitu:

  • Faktor Eksternal: Terjadi saat PetLovers terlalu sering melakukan perawatan seperti memandikan dan menyisir rambut.
  • Faktor Internal: Terlihat saat kucing terlalu sering menjilati rambut dan menggigiti kulitnya. Overgooming karena faktor internal bisa terjadi saat kucingmu mengalami masalah kulit, seperti infeksi jamur, parasit, alergi maupun stres. 

Kenapa Overgrooming Sebaiknya Dihindari?

Semua yang berlebihan itu tidak baik, termasuk perawatan kucing kesayangan. Terlalu sering menyisir rambut dan memandikan kucing bisa membuat rambutnya rontok dan kehilangan kilaunya. 

Sementara itu, saat kucing terlalu sering menjilati rambut atau menggigiti kulitnya akibat stres atau masalah kulit, kucingmu tak hanya akan mengalami kerontokan, tapi juga bisa iritasi hingga peradangan. 

Kapan Grooming Sebaiknya Dilakukan?

Grooming atau membersihkan kucing bisa dilihat dari seberapa lebat rambut kucing kesayangan dan bagaimana aktivitasnya. Bila rambut kucingmu tidak terlalu lebat dan ia lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah, kamu bisa memandikannya 4-6 minggu sekali. Tapi, bila kucingmu berambut lebat dan suka bermain di luar rumah, ada kemungkinan kamu perlu membersihkannya lebih sering. Bahkan, bila ia jamuran, kamu bisa meminta rekomendasi dokter hewan untuk intensitas grooming yang dianjurkan. 

Solusi Supaya Tidak Terjadi Overgrooming

Kucing secara alami suka menjaga kebersihan rambutnya. Kucing bisa menghabiskan hingga 50% waktunya untuk merawat diri. Oleh sebab itu, sebaiknya PetLovers membuat jadwal grooming untuk kucing kesayangan sehingga tidak terjadi overgrooming. Selain itu, untuk overgrooming internal, PetLovers perlu mengetahui penyebabnya terlebih dulu.

Bila penyebab overgrooming internal adalah karena stres, kamu bisa menjauhkan kucingmu dari pemicu stres dan lebih sering mengajaknya bermain. Bila penyebabnya adalah jamur, parasit maupun infeksi lainnya, tentu kamu perlu berkonsultasi ke dokter hewan untuk memastikan penyebab infeksi, sehingga dapat memberikan pengobatan yang tepat.

Kapan Perlu ke Dokter Hewan?

Apabila kucing kesayangan masih sering melakukan overgrooming, Petlovers bisa membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jadi, dokter hewan dapat mencari tahu apakah overgrooming penyebab bulu kucing rontok merupakan jamur atau kutu, alergi, intoleransi makanan, atau ada masalah kesehatan lainnya.

Penanganan jamur dan kutu tidak bisa dilakukan sendiri oleh Petlovers, oleh karena itu bantuan dari dokter hewan sangat diperlukan, sehingga kucing kesayanganmu bisa mendapatkan perawatan yang optimal.

Nah, selain menjaga jadwal menyisir dan memandikan, serta kebersihan kulit dan rambut dari luar, PetLovers juga perlu menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka. Caranya, berikan makanan kucing yang diformulasikan untuk menjaga kesehatan dan kelembutan rambut kucing seperti dry food Pro Plan Fussy & Beauty dan wet food Pro Plan Derma Plus.

Pro Plan Fussy & Beauty merupakan kemasan baru dari makanan kering Pro Plan Adult Derma Plus with Optiderma yang formulanya telah ditingkatkan. Formula Pro Plan Fussy & Beauty diperkaya asam lemak Omega 3 dan 6 juga tinggi protein untuk membantu mengurangi kerontokan, menjaga kilau dan kelembutan rambut kucing dewasa, serta serat yang dapat mengontrol pembentukan hair ball

Pro Plan Fussy & Beauty

Tak hanya dibuat dari ikan salmon asli sebagai bahan baku utama, bentuk kibble yang beragam pada Pro Plan Fussy & Beauty dapat memberikan tekstur berbeda dan membantu membersihkan plak pada gigi kucing. Pro Plan Fussy & Beauty juga mengandung Probiotik aktif untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh kucing kesayanganmu. 

Kamu bisa mengombinasikan pemberian makanan keringnya dengan makanan basah Pro Plan Derma Plus untuk manfaat yang lebih optimal. Dapatkan kedua varian produknya di official store Pro Plan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Kamu juga bisa bertanya pada fitur Tanya Ahli di sini untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang nutrisi yang tepat bagi kucing kesayanganmu. 

Semoga informasi di atas bisa membantu kucing kesayangan PetLovers terhindar dari penyebab bulu kucing rontok, ya.