Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.

Perlukah Memandikan Kucing Kesayangan? Cek Faktanya!

Tahukah PetLovers, kucing merupakan hewan yang umumnya menyukai kebersihan, sehingga rutin melakukan self grooming seperti menjilat rambutnya. Lalu, apakah perlu memandikan kucing dengan sampo secara rutin? Ayo cek faktanya!

Apakah Kucing Perlu Sering Dimandikan?

Pada dasarnya kucing tidak menyukai air. Apalagi, bagi kucing, mandi merupakan kegiatan yang sangat menegangkan hingga bisa membuat mereka stres. Bila memungkinkan, cukup bersihkan area yang kotor daripada membasahi seluruh tubuhnya.

Meski demikian, ada kalanya kucing kesayanganmu tidak bisa membersihkan dirinya sendiri. Ketika tubuh kucing kesayanganmu berada dalam kondisi yang kotor setelah bermain di luar ruangan, memandikan kucing merupakan ide yang bagus untuk membersihkan tubuhnya.

Cara Memandikan Kucing

Kamu bisa memandikan kucing sendiri maupun dengan bantuan ahli. Bila sudah memutuskan untuk meminta bantuan groomer yang sudah berpengalaman, tetap mandikan kucingmu di rumah dengan alat mandi pribadi supaya lebih terjaga kebersihannya.

Nah, bila kamu akan memandikan kucing sendiri, sebaiknya siapkan beberapa kebutuhan berikut:

  • Ember plastik besar, bak cuci, atau bak mandi (dilapisi dengan alas lantai anti selip) untuk digunakan sebagai tempat mandi kucing.
  • Sampo khusus untuk kucing. Hindari menggunakan sampo manusia karena tidak cocok untuk rambut dan kulit kucing.
  • Kondisioner kucing jika diperlukan. 
  • Satu atau dua handuk.
  • Sikat atau sisir untuk membantu mengurai rambut yang kusut.

Setelah semua alat untuk memandikan kucing sudah tersedia, Petlovers bisa melakukan tahapan ini:

  • Masukan kapas ke dalam telinga kucing untuk membuatnya tetap kering. Hal ini juga bisa meredakan stres, karena mencegah kucingmu mendengar dengan jelas. 
  • Isi bak dengan air hangat secukupnya dan turunkan kucing dengan lembut ke dalam air. Hindari mengisi bak dengan terlalu banyak air karena bisa membuatnya semakin cemas.
  • Oleskan sedikit sampo dan air hangat ke area yang kotor saja. Jika akan memandikan seluruh tubuhnya, hindari bagian kepalanya dan sabuni seluruh tubuh termasuk ekor, bagian bawah, dan leher.
  • Jika sudah siap untuk dibilas, gunakan satu tangan untuk menyiram air secara perlahan dan tangan lainnya untuk melindungi mata dan telinga kucing.
  • Ulangi proses di atas jika Petlovers menggunakan kondisioner kucing. Pastikan sampo dan kondisioner dibilas sampai bersih supaya residunya tidak terjilat oleh kucingmu secara tak sengaja.
  • Setelah dibilas sampai bersih, gunakan handuk untuk mengeringkan rambutnya. Bila diperlukan, petlovers bisa juga mengeringkan rambut kucing kesayangan dengan hairdyer menggunakan suhu paling rendah untuk mempercepat proses pengeringan.
  • Untuk kucing yang memiliki rambut tebal dan panjang, PetLovers perlu menyisir rambutnya supaya tidak kusut dan menggumpal.
  • Terakhir, pastikan untuk memberi hadiah pada kucing karena telah berperilaku baik. Camilan, pujian, dan waktu bermain setelahnya dapat membantunya mengenali waktu mandi, sehingga memudahkan proses memandikan kucing di lain waktu. PetLovers juga bisa menjadikan waktu setelah mandi sebagai jam makan, dan bisa berikan Pro Plan Adult untuk kucing kesayangan.
Pro Plan Adult

Makanan kering Pro Plan Adult kini hadir dengan kemasan baru dan formula yang ditingkatkan untuk kucing berusia 1 tahun ke atas. Formula yang baru ini hadir dalam dua varian, yaitu Pro Plan Adult dengan Formula Ayam dan Pro Plan Adult dengan Formula Salmon. Formulanya mengandung probiotik aktif untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan kekebalan tubuh kucing. Selain itu, Pro Plan Adult juga mengandung arginin, antioksidan, dan omega 3 yang diformulasikan untuk menjaga kesehatan ginjal kucing dewasa. Keduanya menggunakan daging asli sebagai bahan utamanya. Selain makanan kering, kamu juga bisa memberikan makanan basah Pro Plan Wet Adult untuk mendukung pemenuhan nutrisi optimal kucing kesayanganmu. Ketiga varian Pro Plan Adult ini bisa kamu dapatkan di Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Kamu juga bisa berkonsultasi seputar nutrisi yang tepat untuk anak kucingmu melalui fitur Tanya Ahli di sini.

Memandikan kucing sebenarnya tidak sulit. Namun, saat kucingmu ketakutan, mungkin saja ia mencoba menggigit atau mencakar PetLovers. Jika hal ini sering terjadi, sebaiknya PetLovers meminta bantuan dari groomer berpengalaman, ya.